Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Alat Berat Tewas Dalam Lubang Tambang Timah

Kompas.com - 15/09/2019, 23:06 WIB
Sandro Gatra

Editor

Sumber Antara

ABEL, KOMPAS.com - Seorang operator alat berat, Gunawan (28) ditemukan tewas tenggelam di dalam lubang tambang bijih timah berkedalaman sekitar 10 meter di kawasan Kayu Ara 10, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.

"Gunawan ditemukan mengapung setelah alat berat yang dibawanya jatuh ke dalam lubang tambang bijih timah," kata Dantim Bravo 110 Basarnas Bangka Belitung, Fani di Koba, Minggu (15/9/2019), seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, insiden tenggelamnya alat berat bersama operator bernama Gunawan itu terjadi pada Kamis (12/9). Jasad Gunawan baru ditemukan pada Sabtu (14/9) sore sekitar pukul 15.55 WIB.

"Kami langsung melakukan pencairan setelah kejadian, menerjunkan sebanyak tujuh anggota yang dibantu warga sekitar," ujarnya.

Ia menjelaskan, Gunawan ditemukan berjarak sekitar 13 meter dari tenggelamnya alat berat yang dibawanya.

"Gunawan tenggelam bersama alat berat yang dibawanya dan kemudian tertimpa runtuhan tanah berlumpur," ujarnya.

Ia mengatakan, Gunawan bersama alat berat yang dibawanya terperosok ke lubang tambang bijih timah karena kondisi tanah yang dilewati cukup labil.

"Kemungkinan Gunawan sempat berupaya menyelamatkan diri keluar dari lubang tambang, namun kemungkinan besar korban tidak bisa berenang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com