Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija Meninggal

Kompas.com - 14/09/2019, 17:23 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija meninggal dalam usia 68 tahun, Sabtu (14/9/2019) pukul 12.45 WIB.

Itoc sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Saat ini, almarhum disemayamkan di rumah duka, Jalan Sari Asih IV, Sarijadi, Kota Bandung.

Baca juga: Korupsi, Mantan Wali Kota Cimahi Divonis Empat Tahun Penjara

 

Rencananya, pria yang pernah menjabat sebagai wali kota Cimahi selama dua periode itu bakal dikebumikan di Bogor, Minggu (15/9/2019) besok.

"Hari ini kita kehilangan sahabat, orangtua, teman, salah satu yang berjasa terhadap perkembangan Kota Cimahi. Hari ini mantan wali kota Cimahi dua periode Pak H Itoc telah berpulang ke Rahmatullah," ujar Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna.

"Semoga amal kebaikan almarhum diterima Allah dan segala kehilapannya diampuni. Dan, keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan," tambah Ajay.

Ajay mengaku tak begitu mengetahui penyakit apa yang diderita Itoc. Ia hanya mendapat kabar bahwa kesehatan Itoc menurun beberapa waktu lalu.

"Jujur saya tidak begitu mengikuti perkembangannya tapi memang kabarnya beliau tidak begitu baik kesehatannya. Tadi kami mendengar pukul 14.00 WIB meninggal, konon meninggalnya jam 12.45 WIB di RSHS," katanya.

Seperti diketahui, Itoc merupakan Wali Kota Cimahi pada periode 2002 - 2007 dan 2007 - 2012. Itoc merupakan suami dari Atty Suharti Tochija yang juga bekas Wali Kota Cimahi.

Pada tahun 2017 lalu, keduanya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi pembangunan Pasar Atas Cimahi tahun 2016.

Itoc dihukum 7 tahun penjara di Lapas Sukamiskin Bandung. Ia juga didakwa terlibat dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Rakyat Cibeureum (PRC) dengan kerugian negara mencapai Rp 37 miliar.

Baca juga: KPK Telusuri Keterlibatan DPRD dalam Dugaan Suap Wali Kota Cimahi

Itoc masih terpidana di Lapas Sukamiskin. Almarhum dipindahkan ke RSHS karena sakit dan kini meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com