Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damkar Makassar Mengenang Habibie lewat Seribu Pesawat Kertas

Kompas.com - 13/09/2019, 15:33 WIB
Hendra Cipto,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Mengenang Presiden ke-3 RI BJ Habibie, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar menerbangkan ratusan pesawat kertas usai melakukan upacara dan pengibaran bendera setengah tiang, pada Jumat (13/9/2019) pagi.

Selain mengibarkan bendera setengah tiang,  petugas Damkar Kota Makassar ini juga membunyikan sirene yang diiringi dentuman drum.

Petugas Damkar yang menggelar upacara di halaman kantornya ini pun memanjatkan doa untuk tokoh nasional asal Kota Parepare, Sulawesi Selatan ini. 

Baca juga: Habibie Pernah Kirim Beras 100 Ton ke Samarinda, untuk Apa?

Selanjutnya, petugas Damkar ini menerbangkan 250 pesawat yang terbuat dari kertas. Selain itu, petugas Damkar juga menerbangkan 1.250 pesawat kertas dari gedung tinggi.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar Taufiek Rachman, 250 pesawat kertas yang diterbangkan menggambarkan ciptaan Habibie yakni pesawat N250 yang dibuat PT Dirgantara Indonesia. 

"Kita mengenang jasa-jasa Eyang Habibie yang memajukan Indonesia semasa hidupnya. Di mana Beliau dikenal sebagai Bapak demokrasi, Bapak teknologi penerbangan yang karyanya telah banyak melahirkan pesawat terbang termasuk pesawat N250," kata Taufiek.

Baca juga: Janji Emil Dardak untuk Bertemu Habibie yang Tak Kesampaian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com