Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Lemas Saat Kendarai Motor di Dumai, Diduga Terpapar Asap Kabut Riau

Kompas.com - 13/09/2019, 14:50 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com – Video seorang perempuan nyaris jatuh dari atas kendaraan roda dua beredar di media sosial. Peristiwa tersebut diketahui terjadi di perempatan lampu lalu lintas Tugu PON Kota Dumai.

Diduga perempuan tersebut lemas dan sesak nafas karena menghidrup udara berasap pada Jumat (13/9/2019) pagi sekitar pukul 07.35 WIB.

Dalam video yang tersebar di media sosial terlihat perempuan berhijab merah tersebut diselamatkan oleh petugas kesehatan yang sedang membagikan masker.

Baca juga: Kabut Asap Semakin Pekat di Pekanbaru-Riau, Kualitas Udara Berbahaya, Jarak Pandang 300 Meter

Dilansir dari Antaranews.com, Rudi Fajrin Amin pemilik video tersebut mengaku melihat seorang perempuan tiba-tiba sempoyongan saat berhenti di lampu pengatur lalulintas Bundaran Jalan Sukajadi-Sultan Sarif Kasim.

Lalu beberapa relawan yang sedang membagikan masker langsung menolong perempuan itu.

"Terlihat dia sudah linglung dan beberapa kali menyandarkan kepala ke stang sepeda motor, saya mulai curiga dan tidak lama beberapa orang langsung membawanya ke ambulans," kata Rudi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Kota Dumai Hafidz Permana menjelaskan dari hasil medis, diketahui wanita pengendara motor ini menderita asma dan diduga karena menghirup asap, ia kesulitan bernafas.

Baca juga: Kabut Asap Karhutla di Kaltim, 16 Penerbangan di Bandara Samarinda Delay 5 Jam

Namun perempuan tersebut tidak sempat pingsan karena langsung ditangani petugas medis.

"Dari laporan medis, ibu itu sudah dibolehkan pulang, dia hanya sesak nafas dan linglung di atas kendaraan. Untung saja ada beberapa relawan menolong saat kejadian," kata Hafidz.

Sebelumnya ada empat siswi SMA di Kota Dumai pusing-pusing di dalam kelas dan harus mendapat tindakan medis akibat terpapar kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan.

Dari data BPBD Kota Dumai diketahui indeks standar polusi udara (ISPU) Dumai pada Jumat (13/9/2019) berada di angka di atas 300 PSI dan masuk dalam kategori berbahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com