Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sempat Minta Nasihat Habibie Sebelum Ikut Pilkada Jabar

Kompas.com - 12/09/2019, 14:30 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih mengingat kenangan dengan mendiang Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Emil, biasa ia disapa, mengaku sempat meminta nasihat sebelum memantapkan hati berkontestasi di Pilkada Jabar 2019.

"Ada beberapa cerita, kan saya sering diskusi ke rumahnya, meminta nasihat zaman sebelum Pilgub, setelah pilgub juga dengan putra-putranya komunikasi intens. Pak Ilham sering, Pak Thareq juga beberapa kali datang," ujar Emil di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Ingin Abadikan Nama Habibie dalam Karya Bangunan di Jabar

Saat itu, kata Emil, Habibie berpesan agar selalu menjadi insan yang memberi kebermanfaatan untuk masyarakat luas.

"Intinya dulu nasihatnya, kalau ada kesempatan berbuat lebih banyak dan masih memungkinkan, karena Pak Habibie semangatnya kan gitu, saya harus bekerja. Memang orangnya enggak bisa berhenti berkarya," tutur dia.

Dari pesan itu, Emil menyimpulkan, ilmu itu harus diamalkan. Nasihat itu pun kian menguatkan tekad serta motivasi dirinya untuk terjun ke dunia politik.

Baca juga: Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie

"Jadi, agar ilmu yang saya punya itu jangan tidak dimanfaatkan, jadi itulah kenapa sekarang jadi gubernur saya memaksimalkan isi kepala saya sebenarnya itu salah satu nasihat Pak Habibie, agar jangan pintar sendiri, begitulah kira-kira bahasanya," papar Emil.

"Ilmu yang didapat maksimalkan untuk inovasi. Jadi, sebenarnya sekian persen semangat hidup saya datang dari Pak Habibie. Khususnya mengamalkan kelimuan saya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com