Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ingin Abadikan Nama Habibie dalam Karya Bangunan di Jabar

Kompas.com - 12/09/2019, 12:50 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengabadikan nama Presiden ke-3 RI BJ Habibie dalam karya monumental di Jawa Barat.

Saat ini, ia sedang memikirkan bentuk apa yang cocok untuk disematkan nama Habibie.

"Saya kepikiran. Nanti kami cari sesuatu yang relevan dengan beliau. Beliau itu kan identik dengan inovasi, kecerdasan," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kamis (12/9/2019).

Dengan karakter Habibie yang visioner dan inovatif, Emil memperkirakan nama Habibie kemungkinan cocok disematkan dalam sebuah gedung pusat kreativitas atau sejenisnya.

Baca juga: BJ Habibie Wafat, Ridwan Kamil Pasang Bendera Setengah Tiang

"Mungkin gedung-gedung creative center, daripada namanya hanya creative center saja, mungkin kami namai sesuatu, atau gedung inovasi, apalah yang sifatnya monumental kita carikan," ungkap dia.

Ia pun optimistis usulan itu akan disetujui oleh semua elemen mengingat Habibie punya jasa yang besar bagi Negeri.

"Saya kira penghormatan itu akan disetujui karena semua sangat kehilangan termasuk manusia langka yang sangat jenius," ujar dia.

Baca juga: ASN Gorontalo Mengheningkan Cipta Atas Wafatnya BJ Habibie

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memasang bendera setengah tiang di rumah dinasnya, Gedung Pakuan, Jalan Otista, Bandung, sebagai hari berkabung nasional atas wafatnya Presiden ke-3 BJ Habibie.

Pria yang biasa disapa Emil itu pun mengimbau kepada masyarakat menaikan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terakhir bagi Habibie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com