Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Mimika Imbau Mahasiswa Papua Tetap Kuliah Seperti Biasa di Kota Studi

Kompas.com - 11/09/2019, 10:43 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta kepada seluruh mahasiswa Papua asal Mimika tetap melanjutkan perkuliahan di tempat studi sebagaimana biasanya sampai selesai.

Eltinus menegaskan tidak ada pemulangan bagi mahasiswa Papua asal Mimika yang sedang menimba ilmu pendidikan di pulau Jawa, Makassar maupun Manado.

Berikut empat poin imbauan yang diterbitkan Bupati Mimika, pada Selasa (10/9/2019).

Baca juga: Polisi Sita Bendera Bintang Kejora dan Panah di Mimika Papua

Pertama, mengimbau kepada seluruh Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika untuk tidak terprovokasi terhadap isu eksodus dari seluruh Mahasiswa pulau Jawa, Bali, Makasar dan Manado dan tetap melanjutkan perkuliahan di tempat studi sebagaimana biasanya sampai selesai.

Kedua, tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika yang pulang ke Papua dapat ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di Perguruan tinggi di Papua, akibatnya dapat mengganggu perkuliahan selanjutnya.

Ketiga, Pemerintah Kabupaten Mimika tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika yang pulang ke Mimika ataupun kembali ke kota Studi sehubungan dengan permasalahan dimaksud.

Keempat, Pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan Mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Mimika ditempat masing-masing dan apabila terjadi hak-hal yang mengintimidasi Mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika dalam proses perkuliahan selanjutnya, maupun aktivitas lainnya sebagaimana biasanya agar segera melaporkannya kepada Bupati Mimika atau kepada pihak yang berwajib setempat.

Baca juga: 5 Personel TNI-Polri yang Terluka di Deiyai Dievakuasi ke Mimika

Pulang kampung karena terprovokasi

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, sebenarnya mahasiswa yang ingin pulang karena terprovokasi dengan isu yang beredar ditempatnya masing-masing.

Pemkab Mimika akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah di masing-masing tempat studi untuk menjamin keselamatan dan keamanan mahasiswa Papua khsususnya yang berasal dari Mimika.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemda setempat supaya menjamin keselamatan para mahasiswa dan pelajar selama menempuh pendidikannya," pungkasnya.

Baca juga: Cerita Bupati Mamberamo Tengah Papua Saat Puluhan Mahasiswanya Memilih Pulang Kampung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com