Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Mahasiswa Demo Saat Pelantikan DPRD Lhokseumawe

Kompas.com - 10/09/2019, 13:11 WIB
Masriadi ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi


LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Lhokseumawe, menggelar demo saat pelantikan 25 anggota DPRD periode 2019-2021 di Gedung DPRD Lhokseumawe, Selasa (10/9/2019).

Massa berada di depan pintu masuk gedung utama DPRD Lhokseumawe.

Dalam orasinya, koordinator aksi Muhammad Fadli meminta agar anggota DPRD baru melakukan pengawasan ketat terhadap kinerja Pemerintah Kota Lhokseumawe.

Mereka meminta wakil rakyat itu berpikir cara mengentaskan angka kemiskinan dan pengangguran.

“Mendesak DPRD dan Pemerintah Kota Lhokseumawe memperjelas posisi dalam urusan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun NGL,” ujar Fadli.

Baca juga: Anggota DPRD Sulut ini Pilih Pakai Pin Seharga Rp 60.000 Saat Pelantikan

Tuntutan lainnya, mahasiswa meminta agar DPRD mengawasi distribusi pupuk dan gas bersubsidi untuk masyarakat miskin.

Terakhir, mereka meminta anggota dewan menepati janjinya saat kampanye dan harus mengambil kebijakan yang pro terhadap kepentingan rakyat.

“Dewan harus turun langsung ke lapangan, agar tahu persis keluhan rakyat Lhokseumawe,” kata Fadli.

Sementara itu, proses pengambilan sumpah dan pelantikan 25 DPRD Lhokseumawe dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Lhokseumawe, Teuku Syarafi.

Usai pelantikan, Ismail dari Partai Aceh ditetapkan sebagai Ketua sementara DPRD dan Irwan Yusuf dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua sementara DPRD.

“Setelah pemilihan ketua sementara, wakil ketua sementara, maka selanjutnya dewan akan menyusun alat kelengkapan seperti fraksi dan komisi-komisi. Lalu disusun tata tertib dewan yang baru,” sebut Sekretaris DPRD Lhokseumawe Suib.

Hingga berita ini ditulis, mahasiswa masih berorasi di depan Gedung DPRD Lhokseumawe. Puluhan polisi menjaga demonstrasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com