Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Sedekah Bumi di Banjarkerep Jombang, Warga Arak 6 Tumpeng Raksasa

Kompas.com - 07/09/2019, 22:03 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Sedekah bumi digelar warga Dusun Banjarkerep, Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (7/9/2019).

Ritual sedekah bumi diawali dengan arak-arakan 6 tumpeng raksasa oleh warga setempat. Enam tumpeng raksasa diarak keliling perkampungan.

Setelah diarak keliling perkampungan, 5 tumpeng raksasa tersebut diletakkan di tengah jalan di depan panggung. Sedangkan satu tumpeng lainnya dinaikkan ke atas panggung.

Kelima tumpeng raksasa yang ada di jalan dikerumuni oleh ratusan warga. Mereka terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa dari dusun setempat yang bersiap merebut setiap isi tumpeng.

Sembari menunggu aba-aba, warga yang ada di sekitar masing-masing tumpeng, saling berdesakkan karena berusaha sama-sama mendekat.

Baca juga: Di Balik Bedah Rumah Mbah Yatin, Sejak Muda Rajin Sedekah

 

Dari atas panggung, pembawa acara terus-menerus mengingatkan agar warga bersabar dan tidak mengambil isi tumpeng, hingga selesainya prosesi dan doa.

Sementara di atas panggung, tampak hadir Wakil Bupati Jombang Sumrambah, pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, serta 3 calon Kepala Desa Banjardowo dan Kepala Dusun Banjarkerep Muhammad Chozin.

Dari atas panggung, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, memimpin doa sebagai bagian dari ritual acara. Setelah itu, dia memberikan aba-aba dimulainya acara rebutan isi tumpeng.

"Kita awali dengan bacaan bismillahirrahmanirrahim, pada hitungan ketiga acara 'murak' tumpeng kita mulai. Satu, dua, tiga," ujar Sumrambah.

Mendengar aba-aba dari atas panggung, teriakan histeris dari warga yang mengeliling tumpeng raksasa tak terbendung. Mereka saling adu cepat meraih barang-barang yang ada dalam tumpeng raksasa.

"Saya mendapatkan banyak sayuran, ada kacang, terong, dapat semangka juga," kata Laila, salah satu warga saat prosesi "purakan" tumpeng sudah selesai.

Sembari menenteng sayur mayur yang didapatkan olehnya, Laila berharap tradisi sedekah bumi di kampungnya bisa terus dilanggengkan.

Kesejahteraan bersama

Kepala Dusun Banjarkerep, Desa Banjardowo, Kabupaten Jombang, Muhammad Chozin mengatakan, tradisi sedekah bumi sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu.

Tradisi itu, ujar Chozin, dimaksudkan sebagai ungkapan syukur warga atas melimpahnya hasil panen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com