Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahnya Karnaval Musik Sambut HUT Ke-444 Kota Ambon

Kompas.com - 06/09/2019, 18:28 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Ribuan warga Kota Ambon tumpah ruah di jalan-jalan utama di kota itu untuk memeriahkan karnaval musik yang diselenggarakan di ibu kota Provinsi Maluku itu, Jumat (6/9/2019).

Kegiatan karnaval musik yang mengangkat tema "Ambon Ponoh Deng Musik" itu sengaja diselenggarakan Pemerintah Kota Ambon dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-444 Kota Ambon yang jatuh pada Sabtu (7/9/2019) besok.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, para peserta yang ikut dalam karnaval musik ini tidak hanya berasal dari desa-desa dan kelurahan di Kota Ambon, tetapi juga instansi pemerintah, BUMN hingga komunitas ojek online.

 

Bahkan sejumlah paguyuban nusantara seperti dari Batak, Minang, Bugis Makassar, Jawa, Sunda dan Papua juga ikut ambil bagian dalam acara tersebut.

Yang menarik dalam karnaval ini, setiap grup peserta karnaval tidak hanya menggenakan pakaian daerah, tetapi juga menghiasi kendaraannya dengan bentuk yang unik.

Umumnya kendaraan yang dihias ada motif alat musik baik gitar, biola maupun organ dan tifa.

Para peserta karnaval juga membawa berbagai alat musik di kendaraan sambil memainkannya saat pawai keliling kota Ambon.

Selain itu banyak diantara peserta karnaval yang berjalan kaki ikut menari dan berdansa sambil diiringi tabuhan musik.

Perserta lainnya ada juga yang memadukan kolaborasi musik etnik seperti totobuang dan syawat serta terompet dan tabuhan rebana.

Mereka memainkan musik yang indah hingga memukau ribuan warga yang menonton acara tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, peserta yang ikut dalam karnaval tersebut lebih dari 2.000 orang yang tergabung dalam 75 grup.

Para peserta pawai karnaval tersebut di lepas Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dari depan Tugu Gong Perdamaian Dunia.

Meriahnya karnaval musik di Kota Ambon, Jumat (6/9/2019). Karnaval ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Ambon ke 444 yang jatuh pada Sabtu (7/9/2019) besokKOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY Meriahnya karnaval musik di Kota Ambon, Jumat (6/9/2019). Karnaval ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Ambon ke 444 yang jatuh pada Sabtu (7/9/2019) besok
Dari situ, para peserta kemudian mengelilingi sejumlah jalan utama di Kota Ambon dengan mengalunkan musik.

Hingga malam ini, acara pawai karnaval musik dalam rangka menyambut HUT Kota Ambon ini masih berlangsung. Banyaknya warga yang menyaksikan kegiatan tersebut membuat sejumlah ruas jalan di Ambon macet total sehingga aparat kepolisian harus menutup sejumlah ruas jalan.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, kegiatan karnaval tersebut digelar untuk menyambut HUT ke-444 Kota Ambon.

“Kegiatan ini juga untuk mendukung Kota Ambon sebagai kota musik dunia,” katanya kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, peserta dalam kegiatan karnaval tersebut tidak hanya berasal dari warga Ambon, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia yang menetap di Ambon seperti Jawa, Makassar, Sunda, Papua, Batak dan sebagainya.

"Atas nama pemerintah Kota Ambon saya menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat, seluruh stachokder yang telah berpartisipasi secara maksimal dalam acara ini,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com