Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Pekalongan Janjikan Beasiswa untuk Pelajar Asal Papua

Kompas.com - 06/09/2019, 12:46 WIB
Ari Himawan Sarono,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Kepolisian bersama Pemerintah Daerah dan TNI serta para pelajar asal Papua menggelar silaturahim di SMA Negeri 1 Bojong Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (5/9/2019).

Silaturahim yang diinisiasi oleh Polres Pekalongan tersebut bertajuk, Kita Semua Bersaudara, Kita Satu Bangsa Indonesia, Kita Jaga Keutuhan NKRI.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meminta kepada pelajar Papua yang ada di wilayahnya untuk menjadikan Kabupaten Pekalongan sebagai rumah kedua, setelah kampung halamannya sendiri.

“Karena Kabupaten Pekalongan masyarakatnya ramah dan menghargai keberadaan mereka, sehingga saya melihat dari ekspresi mereka, Kabupaten Pekalongan sudah seperti rumah mereka sendiri,” kata Asip.

Baca juga: Mahasiswa Kepri Deklarasikan Dukung Papua Damai

Asip mengatakan, akan memberikan beasiswa kepada siswa-siswi asal Papua yang belajar di Kabupaten Pekalongan dan berharap mereka dapat menyelesaikan sekolah dengan baik, serta melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Di Pekalongan sudah ada beberapa perguruan tinggi seperti UNDIP, IAIN Pekalongan, ITS NU, UMPP,” ujar Asip.

Bupati berharap, setelah menyelesaikan studi di Kabupaten Pekalongan, kelak para pelajar asal Papua tersebut bisa kembali ke daerah asalnya dengan bekal pendidikan dan pengetahuan serta wawasan yang luas.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan mengajak para pelajar sebagai generasi sekarang untuk menjaga keamanan di lingkungan masyarakat.

"Kita semua bangsa Indonesia bersaudara, yang terjadi negatif di provinsi lain jangan ditiru. Kita harus berpikir luas ke depan. Potensi yang kita miliki harus digunakan untuk hal-hal yang positif, jangan merugikan,” ungkap Kapolres.

Salah seorang pelajar asal Papua, Adelia Sikowai (15) mengaku senang dengan banyaknya perhatian untuk para palajar Papua di Pekalongan.

Di SMA Negeri 1 Bojong terdapat 10 pelajar asal Papua yang sedang menempuh pendidikan.

"Bersyukur sekali ditawari beasiswa sama Bapak Bupati. Kami di sini hidup tenang, tolong-menolong, orangnya juga baik," ujar Adelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com