Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Sabu Masuk dari Malaysia ke Batam, Ketua Polisi Johor Datangi Polda Kepri

Kompas.com - 03/09/2019, 18:58 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Maraknya penyelundupan sabu dari Malaysia melalui perbatasan perairan Johor ke Batam membuat kepolisian dua negara ini gerah. 

Pada Selasa (3/9/2019), Polisi Diraja Malaysia Daerah Johor mendatangi Polda Kepri untuk membicarakan pencegahan penyelundupan sabu asal Malaysia. 

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk pertukaran informasi terkait dengan penanganan dan pencegahan kejahatan antarnegara.

Pertukaran informasi itu meliputi persoalan pekerja migran ilegal (PMI), narkotika dan perlindungan pekerja migran ilegal di Malaysia.

Baca juga: Perahu Bawa 59 Ton Bawang Asal Malaysia Dicegat, Saat Dibongkar Ada 25 Kg Sabu

"Dengan pertemuan ini setidaknya kejahatan antarnegara seperti pekerja migran Ilegal dan penyelundupan Narkotika bisa dicegah sedari dini," kata Andap di Mapolda Kepri, Selasa (3/9/2019).

Dalam pertemuan tersebut diharapkan kedua belah pihak dapat saling mendukung dan meningkatkan kerja sama dibidang penanganan kejahatan lintas negara.

Bahkan kedepan akan terus bersinergi di antara dua pihak.

"Kita sama-sama tahu bahwa narkotika yang masuk ke Indonesia rata-rata dari Malaysia, makanya ke depan akan diperketat pengawasannya di Malaysia," jelasnya.

"Sebaliknya di Indonesia, Khususnya Batam Polda Kepri akan memperketat pengawasan masuknya PMI ilegal dari Batam ke Malaysia," katanya menambahkan.

Baca juga: Polisi Gagalkan Peredaran Sabu asal Malaysia Seberat 26 Kilogram

Pengawasan pelabuhan tak resmi

Senada juga diungkapkan Ketua Polis Johor, Dato Mohd Kamarudin Bin MD. Dia mengatakan bahwa kesepakatan untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang penanganan Transnational Crime akan terus dilakukan.

Sama dengan Batam, Johor juga banyak pelabuhan tak resmi dan ke depan pelabuhan-pelabuhan itu akan terus dipantau dan dijaga ketat untuk menimalisir terjadinya kejahatan lintas negara, terutama narkotika.

"Terima kasih atas sambutan kami di sini, Mudah-mudahan silaturahmi ini dapat memperkuat dan meningkatkan kerja sama yang selama ini sudah di lakukan,"

Dato Mohd Kamarudin Bin MD juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya karena Polda Kepri selalu cepat dalam penanganan persoalan kriminal di Kepri.

Baca juga: Polri Benarkan Polisi Diraja Malaysia Tangkap WNI Terkait ISIS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com