Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI ke Papua, Ini yang Akan Dilakukan

Kompas.com - 02/09/2019, 20:42 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan melaksanakan tugas selama beberapa hari di Papua. Banyak beredar kabar jika keduanya akan berkantor di Papua. 

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrwasih, Letkol CPL Eko Daryanto menjelaskan, kedatangan Panglima TNI lebih cenderung untuk melihat pelatihan penerbangan yang dilaksanakan pasukan Kostrad.

“Kebetulan ada program penerbangan oleh pasukan Kostrad di Papua, yakni di Jayapura dan Jayawijaya. Nanti beliau akan memantau langsung proses pelatihan,” ungkapnya, Senin (2/9/2019).

Akan tetapi, Eko menegaskan Panglima TNI selaku penanggungjawab keamanan, tentunya akan meninjau langsung situasi keamanan di Papua, khususnya di Manokwari dan Kota Jayapura, pascademo anarkis, yang menimbulkan keresahan bagi banyak masyarakat.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Akan Tinggal di Papua Selama Sepekan

“Beliau tidak sampai sepekan di Papua. Hanya diperkirakan beliau bersama Kapolri akan memantau langsung situasi di sini,” katanya.

Eko menjelaskan terdapat 700 Personil TNI yang di datangkan dari luar Papua, untuk menjaga situasi keamanan khususnya di tempat-tempat objek vital.

“Prajurit kita sudah ditempatkan didaerah objek vital, seperti perbankan, lokasi pusat perekonomian, bandara, pelabuhan dan penyaluran BBM,” tukasnya.

Ia menambahkan, kondisi Papua, khususnya Kota Jayapura saat ini sudah berangsur kondusif. Hanya saja, belum berjalan 100 persen.

Baca juga: Tanggal 3 September, Diperkirakan Masih Ada Demo di Kota Jayapura

Soal rencana aksi demo susulan

“Pusat perekonomian sudah mulai beraktivitas, termasuk jalan raya sudah mulai ramai. Pemerintah Kota Jayapura juga sudah mulai membersihkan bekas-bekas puing-puing kerusakan yang buat oleh pendemo yang anarkis. Hanya saja, masih ada perkantoran yang tutup dan juga tempat-tempat usaha,” pungkasnya.

Sedangkan mengenai rencana aksi demo susulan yang akan berlangsung besok, ungkap Eko, prajurit TNI siap untuk memback up Polri. “Kita pada prinsipnya sangat siap untuk membantu Polri,” lugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com