Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Wejangan Amien Rais untuk Dua Anaknya Sebelum Dilantik Jadi Anggota DPRD DIY

Kompas.com - 02/09/2019, 17:21 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dua anak Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais dan Ahmad Baihaqy Rais Senin (2/9/2019) dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY bersama 53 anggota dewan lainya.

Sebelum berangkat ke acara pelantikan, Hanum Salsabiela dan Ahmad Baihaqy sempat sungkem ke orangtua mereka dan mendapatkan "wejangan".

"Tadi saya dan Baihaqy sebelum ke sini sungkeman dulu ke Pak Amien dan Bu Amien selaku orangtua saya," ujar Hanum Salsabiela Rais saat ditemui usai pelantikan di Kantor DPRD DIY, Senin (2/9/2019).

Baca juga: Amien Rais Sebut PAN di Luar Pemerintah, Sekjen: Perlu Diformalkan

Hanum menyampaikan, setelah sungkeman, ayahnya Amien Rais sempat memberikan "wejangan" kepadanya dan Baihaqy.

Wejangan ini terkait dengan posisinya keduanya sebagai wakil rakyat di DPRD DIY.

Amien Rais mengatakan, jabatan sebagai wakil rakyat bisa menjadi jalan ke surga namun juga bisa menjadi jalan ke neraka.

"Memberi wejangan bahwasanya ini sebuah jabatan yang bisa menjadi jalan tol kalian ke surga, tapi juga bisa jadi jalan tol kalian ke neraka," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Amien Rais juga mengingatkan agar kedua anaknya Hanum Salsabiela Rais dan Ahmad Baihaqy untuk tidak lupa belajar.

Salah satunya, selalu belajar dari senior-seniornya di DPRD DIY.

"Teman-teman yang jadi kolega saya juga mereka sangat mumpuni di dewan, ada yang sudah sekian periode. Saya sebagai anak muda, sebagai anggota dewan yang baru harus banyak belajar dari mereka," tegasnya.

"Mudah-mudahan semua menjadi anggota dewan yang istimewa, seistimewa Yogyakarta," katanya.

Baca juga: Amien Rais Sebut Jangan Hanya Gunakan Pendekatan Politik untuk Papua

Diakuinya, sebagai anggota dewan merupakan amanah yang besar. Karenanya, ia meminta agar masyarakat selalu mengawasi dan mengkritisi.

"Tadi ketika membacakan sumpah jabatan itu benar-benar saya merasa mendapatkan tanggung jawab yang begitu besar. Saya harapkan masyarakat juga terus mendukung dan juga mengkritisi karena bisa saja yang namanya manusia di tengah perjalanan mungkin lupa," kisahnya

Sementara itu, Ahmad Baihaqy Rais menyampaikan, sebagai wakil rakyat, dirinya akan memperjuangkan aspirasi dari masyarakat sebaik-baiknya.

"Harapannya lebih baik dari yang lalu. Insya Allah kami sudah siap bekerja," urainya.

Diungkapkannya, sang ayah Amien Rais juga sempat berpesan kepadanya agar sebagai wakil rakyat harus mementingkan kepentingan masyarakat.

"Pesan Bapak (Amein Rais) yang jelas sebagai wakil rakyat pertama harus amanah, mementingkan kepentingan masyarakat, jangan mengecewakan yang telah memilih kita, dan bekerja sungguh-sungguh," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com