Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga dan Pemprov Jatim Kirim Bantuan Sembako ke Papua

Kompas.com - 02/09/2019, 11:44 WIB
Achmad Faizal,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Warga Jawa Timur mengirim bantuan kemanusiaan berupa bahan pokok atau sembako dan kebutuhan lainnya untuk warga Papua.

Bantuan tersebut diberangkatkan pada Sabtu (31/8/2019), menggunakan KRI dr Soeharso-990 dari Pelabuhan Armada II Tanjung Perak Surabaya.

Bantuan tersebut dari institusi Pemerintah Provinsi Jawa Timur seperti Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Gubernur.

Tak hanya itu, bantuan juga datang dari sejumlah elemen dan lembaga seperti Nahdatul Ulama (NU), Universitas Dr Soetomo, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Selain beras, bahan pokok yang diberikan juga berupa makanan kaleng, mie instan, pakaian, popok bayi, obat-obatan hingga air mineral.

"Bantuan dilepas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa," kata Kepala Biro Humas Dan Protokoler Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paiwae, dikonfirmasi, Minggu (1/9/2019).

Menurut Aries, pasca kerusuhan di Papua pekan lalu, masih banyak toko-toko sembako yang tutup, sehingga distribusi untuk kebutuhan sehari-hari dikabarkan sedikit terganggu.

"Semoga bantuan dari warga Jawa Timur tersebut bermanfaat bagi warga sebangsa dan setanah air di Papua," kata Aries.

Bantuan tersebut diangkut oleh KRI dr Soeharso-990, yang akan menyiagakan kapal rumah sakit di wilayah Papua untuk mendukung layanan kesehatan.

"Jadwalnya Kamis mendatang, kapal rumah sakit yang mengangkut bantuan akan sampai di Papua," kata Aries.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com