Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kelestarian, 80 Ekor Tukik Dilepas Liarkan di Pantai Napau

Kompas.com - 01/09/2019, 19:28 WIB
Hadi Maulana,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

LINGGA, KOMPAS.com - Sebanyak 80 ekor tukik atau yang lebih dikenal anak penyu, dilepas di pantai Napau, Lingga, Kepulauan Riau, Minggu (1/9/2019).

Selain menimlalisir kepunahan, kegiatan ini juga bertujuan sebagai langkah pihak pemerintah Kabupaten Lingga memberikan edukasi terkait pentingnya pelestarian penyu di daerah itu sendiri.

Wakil Buapti Lingga M Nizar mengatakan, pelepasan anak penyu ini dilakukan untuk pertama kalinya di Lingga, dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan secara rutin pertahunnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mengenalkan pantai Napau yang baru saja dibuka untuk umum.

Tidak saja melepas liarkan, nantinya Lingga juga akan dijadikan salah satu daerah yang menetaskan ratusan telur penyu.

Baca juga: DKP Bangun Kandang Pembesaran Tukik di Gorontalo Utara

"Seperti saya katakan tadi, bila perlu kegiatan ini kami rencakan dilakukan setiap tahunnya,” kata Nizar.

Nizar menilai bahwa konservasi penyu ini apabila ditekuni tidak hanya berdampak pada pelestarian saja, tetapi mampu mendatangkan nilai ekonomis tersendiri.

Sebab, pelepasan tukik tersebut menjadi daya tarik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnu) untuk datang ke Lingga.

Acara pelepasan anak penyu ini merupakan bagian dari isi acara Festival Napau Beach dengan mengusung tema ‘Menuju Kampung Wisata’ di bibir Pantai Napau Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga.

Selain pelepasan anak penyu kegiatan juga diisi dengan sejumlah perlombaan yang diantaranya ada lomba layang-layang, menembak sasaran, menggambar dan mewarnai serta lomba sampan layar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com