Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semalam Terombang-ambing di Selat Singapura, Dua ABK Ini Ditemukan Selamat

Kompas.com - 31/08/2019, 16:57 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Dua orang yang dilaporkan terapung di Selat Singapura atau tepatnya pada posisi 01 17.40 N 104 20.63 E  berhasil ditemukan dalam keadaan selamat pada Sabtu (31/8/2019) siang.

Sebelumnya, ada laporan dari kapal yang melihat dua orang terombang-ambing di Selat Singapura pada Jumat (30/8/2019). 

Direktur Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepri Kombes Pol Benyamin Sapta mengatakan keduanya berhasil diselamatkan oleh Kapal KLM Mitra Sejati yang saat itu melintas tidak jauh dari lokasi korban terombang-ambing.

Keduanya bernama Rivaldi (22) dan Boby (21) yang merupakan Nakhoda dan ABK Speedboat service.

"Pengakuan keduanya, speedboat mereka diserempet kapal Ferry Singapura tujuan Bintan Resort dan saat itulah speedboat mereka terbalik dan tenggelam," kata Benyamin menceritakan kronologinya melalui telepon, Sabtu (31/8/2019).

Baca juga: Cerita Heroik TNI AL Ringkus Kurir Sabu 21 Kilogram, Upah Rp 200 Juta hingga Aksi Kejar-kejaran Speedboat

Beruntung tidak lama mereka terombang-ambing, melintaslah KLM Mitra Sejati yang kemudian melakukan penyelamatan terhadap keduanya.

Usai diselematkan, keduanya langsung melapor ke Ditpolairud Polda Kepri.

"Keduanya sudah diberikan pertolongan medis dan alhamdulillah keduanya dalam kondisi sehat, memang ada bwberapa luka ditemukan, namun hanya luka gores kecil yang diduga akibat terbentur saat speedboat mereka terbalik," jelas Benyamin.

Saat ini keduanya sudah masih dilakukan proses pemberian keterangan dan setelah itu diperbolehkan pulang kekediamannya masing-masing.

Baca juga: Speedboat Tenggelam di Perairan Tanjung Kasam, 5 Penumpang Selamat

Terlihat sejak Jumat

Sebelumnya, Jumat (30/8) operasi pencarian telah dilakukan berdasarkan informasi yang diperoleh MPA Singapura bahwa dari Kapal Black Forest melihat diduga 2 orang sedang terapung di Selat Perairan Singapura.

Setelah itu Tim SAR langsung berkoordinasi dengan Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim (MRCC) Johor Baru, Pusat Koordinasi Penyelamatan (RCC) Singapura, serta potensi SAR Gugus Keamanan Laut Armada 1, Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjunguban

Dalam pencarian, alat yang digunakan tim gabungan adalah RB 209, KRI Kujang, KN Sarotama, Pelitir 50 milik Malaysia, Angkatan Laut Singapura, Pengawal Angkatan Laut Singapura dan Penjaga Pantai Singapura.

Namun pencarian dihentikan karena kondisi sudah malam dan dilanjutkan esok harinya, Sabtu (31/8/2019) hingga akhirnya korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com