Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Jayapura Rusuh, Wakil Wali Kota: Kami Jamin Keamanan Masyarakat

Kompas.com - 30/08/2019, 08:49 WIB
Khairina

Editor

JAYAPURA, KOMPAS.com — Setelah demonstrasi yang berakhir rusuh, aktivitas di Kota Jayapura hingga saat ini masih lumpuh, Jumat (30/8/2019).

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru saat menemui warga di Entrop, Distrik Jayapura Selatan, menjelaskan, pihaknya menjamin keamanan masyarakat.

“Saya minta masyarakat tetap tentang. Jangan kita balas perbuatan mereka. Kami pemerintah menjamin keamanan masyarakat,” ungkapnya kepada masyarakat Entrop, Jumat pagi.

Baca juga: Pasca-rusuh Jayapura, Aktivitas Lumpuh, Toko Tutup, Sekolah Libur

Saat ditanya wartawan apakah aktivitas pemerintahan di Kota Jayapura diliburkan? Ia menjawab untuk sementara diliburkan.

“Kami liburkan dulu. Namun, kami belum bisa memastikan sampai kapan. Semoga situasi segera kondusif,” ungkapnya.

Dari pantauan Kompas.com, kondisi Kota Jayapura masih mencekam, bahkan masyarakat lebih memilih berdiam diri di rumah sambil berjaga-jaga adanya aksi anarkistis susulan.

Pusat perekonomian pun menjadi imbas aksi anarkistis masyarakat yang bermula berniat berunjuk rasa.

Tak terlihat ada satu pun toko yang buka, bahkan pemerintahan memutuskan untuk meliburkan segala aktivitas di Kota Jayapura, termasuk aktivitas sekolah.

Selain itu, sampai saat ini akses telekomunikasi di Kota Jayapura masih mengalami gangguan. Bahkan, banyak masyarakat lebih memilih tinggal di hotel-hotel yang dekat tempat tinggal mereka. Begitu pula di Markas Angkatan Laut, masih terlihat masyarakat mengungsi.

Baca juga: Rusuh di Jayapura, Polri Patroli Siber Cegah Penyebaran Konten Provokatif

Sebelumnya, Kamis (29/8/2019), massa menggelar unjuk rasa, menyikapi dugaan tindakan rasis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya. Unjuk rasa itu berujung anarkistis.

Massa membakar ruko, perkantoran pemerintah, kendaraan roda dua dan roda empat, serta melakukan perusakan. Aksi itu membuat aktivitas di Kota Jayapura lumpuh total.

(KOMPAS.com/JOHN ROY PURBA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com