Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat agar Banjarmasin Bisa Jadi Kota Metropolitan

Kompas.com - 28/08/2019, 23:37 WIB
Andi Muhammad Haswar,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS. com - Pemerintah pusat berencana menjadikan Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi kota metropolitan.

Banjarmasin satu dari 10 daerah yang akan dijadikan kota metropolitan. 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, wilayahnya bisa menjadi kota penyangga, karena pemerintah pusat tidak hanya akan membangun kawasan ibu kota tapi juga memberi dampak pembangunan kepada kota-kota sekitarnya, termasuk Banjarmasin.

"Banjarmasin ini wilayah strategis, ini yang barangkali menjadi pertimbangan pemerintah pusat. Nantinya kan ada interkoneksi antar kota-kota di Kalimantan," ujar Ibnu Sina saat ditemui, (27/8/2019).

Baca juga: Masuk 10 Kota Metropolitan di Indonesia, Makassar Akan Dilengkapi Monorel

Saat pemindahan ibu kota tidak lagi menjadi wacana, Banjarmasin dan sekitarnya yang awalnya hanya sebagai kawasan strategis regional menurutnya telah berkembang menjadi kawasan strategis nasional.

Sehingga, terpilihnya Kaltim sebagai ibu kota baru, dinilai wajar jika Banjarmasin kemudian ditunjuk sebagai salah satu wilayah yang akan dijadikan kota metropolitan.

"Dulu kan kita hanya kawasan strategis regional, sekarang berkembang menjadi kawasan strategis nasional, sehingga sangat layak menjadi kota metropolitan," ucapnya.

Untuk menuju rencana tersebut, Ibnu Sina mengatakan ada lima aspek yang harus segera diperbaiki oleh pemerintah, baik itu kota, provinsi dan pusat.

Salah satunya adalah masalah transportasi, Ibnu Sina menilai, selain pembangunan gedung baru untuk ibu kota, harus ada infrastruktur transportasi massal yang menghubungkan kota-kota besar di sekitar ibu kota.

"Kalau yang Trans-Kalimantan kan sudah selesai, kemudian untuk kereta api yang skala Kalimantan sudah juga diinisiasi oleh dua konsorsium. Jadi ini perlu perhatian dari pemerintah pusat," tambah Ibnu Sina.

Baca juga: Ide Jokowi soal Metropolitan Baru di Luar Jawa, Dorong Sektor Properti

 

Diketahui, Bappenas mendorong 10 kota di Indonesia menjadi kota metropolitan sebagai perwujudan pemerataan pembangunan.

Ke-10 kota metropolitan meliputi DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sementara enam kota di luar Jawa, yaitu Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, dan Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com