Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Yos Sudarso Ditutup 6 Bulan, Risma Carikan Solusi dan Minta Warga Bersabar

Kompas.com - 28/08/2019, 07:29 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Penutupan Jalan Yos Sudarso akan akan dilakukan selama enam bulan ke depan untuk pelaksanaan proyek basement Alun-alun Surabaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memahami penutupan jalan tersebut akan berdampak pada kondisi lalu lintas dan perekonomian di sekitar Jalan Yos Sudarso tersebut.

"Ya, memang kalau mau ada perubahan, pasti ada pengorbanan," kata Risma, di Balai Kota Surabaya, Selasa (27/8/2019).

Namun, ia menegaskan, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya itu juga demi kepentingan Kota Pahlawan.

Baca juga: Bangun Alun-Alun Surabaya, Jalan Yos Sudarso Ditutup 6 Bulan Mulai 31 Agustus

Menurut Risma, Surabaya harus selalu menampilkan "wajah" baru agar bisa menjadi daerah kunjungan wisata, seperti Bali dan Bromo, yang memiliki pemandangan alam yang bagus.

"Karena kalau tidak ada sesuatu yang baru di Surabaya, orang mau datang ke Surabaya itu untuk apa? Jadi memang harus ada sesuatu yang baru," ujar Risma.

Risma mengatakan, ruang publik seperti Alun-alun Surabaya yang letaknya berada di bawah tanah itu perlu dibangun untuk meningkatkan nilai ekonomi.

Terlebih, Alun-alun Surabaya terletak di tengah atau di jantung kota.

"Supaya kalau orang ke sini, 'oh iya saya mau datang ke sini sekalian belanja', nanti tidur di hotel dan sebagainya. Pada akhirnya, ekonominya jadi tumbuh. Karena kalau enggak ada ya sesuatu yang baru, (ekonomi) berhenti," tutur Risma.

Kata Risma, Alun-alun Surabaya memiliki beragam fasilitas yang semuanya bisa dinikmati warga kota Surabaya, maupun masyarakat dari luar Surabaya.

"Jadi, nanti di bawah itu kayak ada alun-alunnya gitu, besar, anak-anak bisa bermain di situ, bisa nari, bisa beraktivitas main skateboard, macam di situ. Jadi nanti di bawah luas kayak lapangan gitu. Kita engak punya kayak gitu di tengah kota. Nah nanti bisa digunakan itu," ujar Risma.

Karena itu, dia meminta warga untuk sementara waktu bersabar dan menggunakan jalan alternatif dengan menempuh jalan yang sedikit jauh.

Ia memastikan, akan memberikan solusi kepada masyarakat yang terkena dampak akibat penutupan Jalan Yos Sudarso tersebut.

"Iya, nanti akan dicarikan solusinya, itu nanti Jalan Simpang Dukuh juga sudah selesai, sudah diaspal tadi malam. Jadi, sudah tinggal buka. Sudah kami pikirkan itu," tutur Risma.

Sebelumnya, Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya, Iman Kristian mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa ruas jalan alternatif sebagai solusi selama dilakukan penutupan Jalan Yos Sudarso.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com