Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Buku Jejak Sejarah Indonesia Sepanjang 11,73 Meter Karya Alumni ITB Angkatan 1973

Kompas.com - 27/08/2019, 12:00 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Buku sejarah dari sejak penciptaan alam semesta hingga zaman teknologi dan globalisasi sepanjang 11,73 meter dipamerkan di rumah budaya Kratonan Kecamatan Setengah, Solo, Jawa Tengah, Selasa (27/8/2019).

Buku sejarah dengan judul "Jejak Sejarah Indonesia" merupakan karya alumni Forum Komunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan Tahun 1973 yang tergabung dalam Fortuga.

Project Manager Penulisan Buku Sejarah dari Fortuga Sapta Putrayadi menjelaskan proses pembuatan buku sejarah berlangsung selama satu tahun.

Penulisan buku dilakukan agar masyarakat dapat dengan mudah belajar dan mengetahui tentang sejarah.

Baca juga: 7 Cerita Unik Pelantikan Anggota DPRD, SK Gubernur Jateng Telat hingga Azan untuk Usir Bisikan Setan

"Belajar sejarah itu susah karena tercecer di sana sini yang tidak ada di suatu tempat sehingga kita tidak bisa melihat peruntunannya seperti apa. Jadi, dengan buku ini kita harapkan sejarah bangsa itu tidak tercecer," katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Ada 11 orang yang ikut terlibat dalam penyusunan buku sejarah itu. Buku sejarah ini terdapat 73 halaman bolak balik dengan lebar 29 cm. Buku ini telah dicetak sebanyak 1.000 eksemplar.

Pihaknya sengaja memperbanyak buku sejarah dengan harga satuan Rp 750.000 itu dengan tujuan dapat dimanfaatkan sebagai buku belajar di sekolah maupun institusi pemerintah.

"Buku ini kita cetak di Jakarta tiga lembar kemudian disambung secara laminasi. Sehingga buku ini memiliki panjang 11,73 meter. Bukunya cukup berat," ungkapnya.

Baca juga: Unik, Mi Instan Inovasi Mahasiswa IPB: Atasi Masalah PMS dan ASI

Ajak generasi muda cintai sejarah

Ketua Yayasan Warna Warni Indonesia Krisnina Maharani Akbar Tandjung mengatakan peluncuran buku jejak sejarah Indonesia sejalan dengan visi Yayasan Warna Warni untuk mengajak generasi muda mencintai sejarah.

Istri dari politisi senior Golkar itu mengaku terpesona dengan peluncuran buku sejarah yang memiliki panjang 11,73 meter itu.

Pasalnya, buku itu menuliskan sejarah dari penciptaan alam hingga perkembangan teknologi seperti sekarang.

"Sejarah itu penting. Sejarah itu seksi. Karena sejarah itu data sebuah peristiwa," ungkapnya.

Baca juga: Maskawin, dari Agama, Budaya, sampai Pilihan Unik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com