Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Spring Bed, Kini Televisi Diangkat dari Parit di Medan

Kompas.com - 26/08/2019, 14:57 WIB
Dewantoro,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Petugas kebersihan yang sedang membersihkan parit di Jalan Wahid Hasyim, Medan, menemukan sampah berupa televisi di parit.

Petugas pun kesulitan mengangkat sampah TV itu dari parit. Peristiwa itu terjadi empat hari yang lalu.

Kompas.com mencoba mencari petugas yang mengangkat TV tersebut namun tidak menemukannya. Di lokasi, masih terdapat timbunan sampah dari dalam parit yang dikorek beberapa hari lalu.

Tak jauh dari lokasi ditemukannya TV, terdapat tempat penampungan sampah sementara, tepatnya di dekat simpang Jalan Wahid Hasyim-Gatot Subroto. Menurut salah satu petugas kebersihan, sampah TV tersebut sudah tidak ada lagi.

"Nggak tahu, Bang. Di sini sampah plastik yang baru datang. Kalau yang kemarin itu udah diangkut sama truk lah," ujar pria yang mengaku bernama Iyan, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Pesta Rakyat Jateng 2019 Pakai Air Isi Ulang

Seorang warga sekitar, Marolop mengatakan, TV yang diangkat dari dalam parit adalah TV bekas yang sudah lama. Menurutnya, televisi tersebut kemungkinan hanyut dari tempat lain dan tersangkut di parit di Jalan Wahid Hasyim.

"Itu kan bekas. Televisi tabung bentuknya. Sudah tampak lama kali itu. Kurasa itu hanyut dari tempat lain," katanya.

Kemungkinan kedua, TV bekas berbentuk tabung tersebut dibuang di tempat sampah, namun tidak kunjung diambil petugas sehingga masuk ke parit.

"Tapi yang lebih kuat, itu hanyut. Karena kan sering banjir di sini," katanya.

Penemuan sampah televisi itu viral di media sosial Instagram. Beberapa akun Instagram mengunggah postingan unik itu dan dilihat beberapa kali serta mendapat ratusan komentar.

Salah satunya akun Instagram @beritakotamedan misalnya. Postingan itu dilihat 18.519 kali.

Bahkan, akun resmi Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, @nasution.akhyar pun turut mengunggah video itu dengan diberi judul menggelitik: "Hore...dapat TV dari dalam parit di jln Wahid Hasyim". Video itu sudah dilihat 812 kali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hore....dapat TV dari dalam parit di jln Wahid Hasyim

A post shared by Nasution Akhyar (@nasution.akhyar) on Aug 21, 2019 at 7:30pm PDT

Sebelumnya akun @nasution.akhyar juga mengunggah mengunggah video yang tak kalah mengejutkan pada tanggal 12 Februari 2018.

Tiga orang petugas dengan susah payah mengangkat bekas spring bed yang dipenuhi sampah dari dalam parit.

Baca juga: Enam Warga Terjaring OTT Sampah di Kota Banda Aceh

Dalam video yang sudah tayang 1.354 kali tersebut, keterangan di bawahnya pun tak kurang pedas. "Pakek otak sikit lah woi kalau buang sampah, jangan kelen buang springbed ke dalam parit. Nanti kalau banjir heboh kelen,".

Kompas.com mencoba menghubungi Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution melalui telepon, namun belum diangkat. Begitupun melalui aplikasi percakapan WhatsApp, belum direspons.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com