Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sepasang Pengantin di Palembang, Menikah di Samping Jenazah Ibu

Kompas.com - 23/08/2019, 17:11 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Perasaan senang dan sedih menjadi satu di hari pernikahan Martinus Gempa Sujiwo (29) dan Eli Kesuma Endang (39).

Selain melangsungkan pernikahan di tempat tinggal mereka yang berada di kawasan Jalan Nurul Ikhlas, Kalidoni, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Sumatera Selatan, mereka juga harus menguburkan jenazah Rohayati (76), yang merupakan ibu dari Eli, karena meninggal dunia.

Mulanya, pada Rabu (21/8/2019), Martinus sedang bekerja sebagai ojek online. Ia mendadak mendapatkan telepon dari keluarga Eli yang mengabarkan jika Rohayati telah meninggal.

Bergegas Martinus langsung datang ke rumah Eli untuk melihat keadaan. Setelah sampai, ia menghubungi ibunya dan memberitahukan kabar duka tersebut.

Baca juga: Viral Puluhan Ekor Hiu Muncul ke Tepi Pantai di Nusa Dua Bali, Ini Penjelasannya

"Ibu bilang, bagaimana kalau ijab kobul di samping Mami (sebutan Rohayati). Karena semasa hidup Mami ingin melihat kami menikah," kata Martinus, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/8/2019).

Atas dasar keinginan tersebut, kedua keluarga mempelai berembuk. Mereka akhirnya langsung memutuskan untuk menikah di samping jenazah Rohayati.

Setelah ijab kabul selesai, perasaan senang kembali bercampur sedih. Seluruh tamu undangan harus mengantarkan jenazah Rohayati ke tempat pemakaman umum (TPU).

Martinus bercerita, sebelum meninggal, Rohayati memang ingin agar Eli putri bungsunya itu segera menikah.

Martinus pun membuat rencana pernikahan tersebut yang ditentukan pada 15 September 2019 mendatang.

Namun, tanggal itu harus dipercepat karena Rohayati telah lebih dulu tutup usia.

"Saya juga syok, karena kejadiannya tiba-tiba. Jadi, terpaksa dimajukan kemarin," ujar Martinus.

Pagi sebelum meninggal, Rohayati masih beraktivitas seperti biasa. Bahkan, Mami dari Eli tersebut sempat duduk di kursi depan.

Baca juga: Viral Mbah Dirgo, Kakek 83 Tahun yang Nikahi Perempuan 27 Tahun

Menjelang makan siang, kakak dari Eli mencoba membangunkan ibunya tersebut yang pindah tidur ke dalam kamar. Akan tetapi, Rohayati ternyata telah tutup usia.

"Siang itu mau dikasih obat, ibu sakit tua sebetulnya. Tapi, saat dibangunkan, ternyata sudah tidak ada lagi," ujar dia.

Kisah dari Martinus ini pun telah viral setelah video pernikahannya diunggah di akun Instagram @PALEMBANG TOP.

Atas unggahan tersebut, para warganet pun menyampaikan bela sungkawa terhadap Martinus atas kisah yang dialaminya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com