Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak dengan KKB di Wamena, Satu Polisi dan Banpol Terluka

Kompas.com - 23/08/2019, 14:59 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Farid Assifa

Tim Redaksi

WAMENA, KOMPAS.com — Satu anggota Polres Jayawijaya dan satu anggota Bantuan Polisi (Banpol) terkena tembakan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) dalam peristiwa baku tembak di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Kabupayen Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8/2019).

Kapolres Jayawijaya AKBP T Ananda mengungkapkan, peristiwa baku tembak dengan KKB di Pasar Ajibama mengakibatkan satu anggotanya terluka. Selain itu, baku tembak juga melukai satu anggota Banpol yang bertugas di Pasar Ajibama.

“Anggota kami terluka tembak di bagian paha, sedangkan anggota Banpol mengalami luka di bagian pinggang. Kini mereka sudah mendapat perawatan medis di RSUD Wamena,” katanya.

Baca juga: Dandim Jayawijaya: Penembakan di Wamena, 5 KKB yang Terlibat Bukan Kelompok Egianus Kogoya

Ananda mengatakan, kini kondisi anggotanya bersama satu anggota Banpol stabil.

“Mereka dalam kondisi baik. Kita berdoa semoga mereka cepat sembuh,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya terjadi kontak senjata antara aparat TNI dan Polri dengan kelompok KKB di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Baca juga: Kronologi Satu Anggota KKB Tewas pada Peristiwa Penembakan di Wamena

Akibat kontak senjata itu, satu orang anggota KKB yang diduga dari kelompok Egianus Kogoya yang berasal dari Kabupaten Nduga tewas di tempat.

“Dari tangan kelompok seperatis kami berhasil mengamankan satu pucuk senjata api jenis revolver dengan amunisi berjumlah 7 butir,” katanya.

Dikutip dari Kompas.id, pasca-penembakan di Wamena, status keamanan di Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, diberlakukan siaga satu. Belum diketahui sampai kapan status siaga satu tersebut diberlakukan.

Kepala Kepolisian Resor Jayawijaya Ajun Komisaris Besar Tonny Ananda saat dihubungi dari Jayapura, Jumat (23/8/2019) mengatakan, status Wamena saat ini siaga satu.

Polisi masih mengejar empat anggota KKB yang diduga menjadi pelaku penembakan di Wamena. Mereka berhasil kabur setelah kontak senjata di Pasar Jibama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com