Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Santika Nusantara Terbakar di Masalembu, Puluhan Penumpang Dievakuasi

Kompas.com - 23/08/2019, 13:09 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Santika Nusantara dilaporkan terbakar di Perairan Maselembu, Jawa Timur, Kamis (22/8/2019) malam.

Hingga Jumat (23/8/2019) siang, puluhan penumpang masih dalam proses evakuasi.

Informasi yang dihimpun dari Kantor Basarnas Surabaya, KM Santika Nusantara bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Balikpapan. Informasi kebakaran terjadi pukul 20.45 WIB.

Baca juga: Kronologi Tenggelamnya KM Pieces, Kapal Terbakar Hebat Sebelum Tenggelam

Kapal tersebut mengangkut 111 penumpang, terdiri dari penumpang dewasa 100 orang, anak-anak 6 orang, dan bayi 5 orang. Kapal juga mengangkut 83 kendaraan berbagai jenis.

"Sebanyak 53 penumpang sudah divekuasi dengan KMV Bintang Samudera I dan KM Dharma Fery 7. Mereka ini dalam perjalanan menuju Surabaya," kata SAR Mission Coordinator Basarnas Prasetya Budiarto, dikonfirmasi, Jumat

Dalam upaya evakuasi penumpang, Basarnas mengirim KN SAR Laksamana milik kantor SAR Banjarmasin dan KN Cundamani milik KSOP Surabaya.

"Kami juga sudah berkomunikasi dengan VTS Surabaya untuk meminta kapal-kapal terdekat di sekitar lokasi untuk membantu evakuasi. Saat ini proses evakuasi masih berlangsung," terangnya.

Baca juga: Seorang Korban Kapal Terbakar di PT MOS Alami Luka Bakar hingga 65,25 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com