Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi dengan Tinggi Kolom Abu 300 Meter

Kompas.com - 22/08/2019, 09:37 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Erupsi terjadi di Gunung anak Krakatau, Kamis (22/8/2019) pagi tadi sekitar pukul 07.55 WIB. Tinggi kolom abu kurang lebih 300 meter di atas puncak.

"Tinggi kolom abu teramati kurang 300 di atas puncak (457 meter di atas permukaan laut)," kata Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani, Kamis (22/8/2019).

Dikatakan, kolom abu teramati berwarna putih kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan barat laut.

"Erupsi ini terekam seimogram dengan amplitudo maksimum 44 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 47 detik," katanya.

Baca juga: Viral Status Gunung Anak Krakatau Naik Jadi Siaga, PVMBG Pastikan Hoaks

Saat ini, Gunung Anak Karakatau berada pada status level II atau waspada, untuk itu, PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan tidak mendekati kawah dalam radius 2 kilometer.

Level waspada

Pada 26 Juli 2019 lalu, Krakatau terus mengeluarkan asap vulkanik hingga menyebabkan air laut berwarna cokelat kekuningan. Kondisi itu membahayakan.

BKSDA Bengkulu mengimbau nelayan dan warga jangan mendekati gunung dalam radius 2 kilometer. Gunung ini pada dasarnya bukan merupakan objek wisata. Namun masih ada saja wisatawan tidak mengindahkan larangan sehingga mereka berdatangan ke gunung api tersebut.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Meletus 4 Kali, Badan Geologi Pastikan Masih Aman

Sejak Maret 2019, Gunung Anak Krakatau berada pada level II atau waspada. Nelayan dan masyarakat diimbau tidak mendekati gunung dalam radius kilometer dari kawah gunung.

Gunung Anak Krakatau masuk wilayah Kepulauan Krakatau yang terdiri dari Pulau Krakatau, Pulau Rakata, Pulau Sertung dan Pulau Panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com