Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muntah-muntah Setelah Makan Bersama, 10 Santri Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 21/08/2019, 20:22 WIB
Mansur,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

POSO, KOMPAS.com - Sebanyak 10 santri yang berasal Yayasan Panti Asuhan Darul Anshor,  Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dilarikan ke RSUD Poso untuk menjalani perawatan karena mengalami mual dan muntah, Selasa (20/8/2019).

Berdasarkan kesaksian salah seorang korban bernama Asyifa (11 ), seluruh santri yang menjadi korban merupakan santriwati yang ikut makan bersama.

Seperti hari-hari sebelumnya, makanan yang disiapkan langsung dimakan. Namun, tidak berselang lama tiba-tiba satu persatu korban mulai berjatuhan.

Para santri sakit perut, mual hingga muntah.

"Yang muntah dan dilarikan ke rumah sakit hanya yang makan bersama. Sementara yang tidak makan semua sehat-sehat saja. Saya juga tidak tahu apakah nasi atau lauknya yang bermasalah," ungkap Asyifa, yang kini masih menjalani perawatan di ruang anak RSUD Poso, Rabu (21/8/2019).

Baca juga: Laboratorium PT OSS Berisi Bahan Kimia Meledak, 19 Pekerja Keracunan

Direktur RSUD Poso, Hasmar Massalinri mengatakan, 10 santri kini menjalani perawatan atas dugaan keracunan makanan.

Mengingat ruangan perawatan pasien anak terbatas, maka lima santriwati dirawat sementara di ruang UGD, sedangkan lima santri lainnya di ruangan khusus anak.

"Memang betul sejak Selasa malam kita menerima 10 pasien yang diduga keracunan makanan. Untuk penyebab keracunan pihak rumah sakit masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak kepolisian," ujar Hasmar.

Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto mengatakan, sudah menurunkan tim inafis untuk melakukan penyelidikan.

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab dari kejadian itu.

"Tim inafis sudah diterjunkan dan sementara melakukan penyelidikan. Mengenai penyebab korban mengalami mual atau muntah, kita masih menunggu hasil dari tim identifikasi," ujar Bogiek.

Baca juga: Minum Jamu Seduh Keliling, 6 Warga Diduga Keracunan

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari pihak yayasan terkait penyebab para santri mual dan muntah hingga dilarikan ke rumah sakit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com