Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRI Teluk Lada yang Membawa ABK KM Mina Sejati Tiba di Dobo

Kompas.com - 20/08/2019, 18:35 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - KRI Teluk Lada milik TNI AL yang mengevakuasi para anak buah kapal (ABK) KM Mina Sejati yang selamat, akhirnya tiba di Pelabuhan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Selasa (20/8/2019).

“ABK korban selamat yang dibawa dengan KRI Teluk Lada telah tiba di Dobo,” kata Kepala Kantor SAR Ambon Muslimin, kepada Kompas.com, Selasa.

Namun, karena ada masalah teknis kapal itu tidak bisa bersandar di pelabuhan, sehingga para korban baru dievakuasi dengan menggunakan speedboat pada pukul 17.50 WIT.

Baca juga: Cuaca Buruk, Satu ABK KM Mina Sejati Jatuh ke Laut Saat Evakuasi

“Tadinya sudah ada penjemputan tapi KRI tidak bisa sandar sehingga para ABK itu semuanya dijemput dengan speedboat, jadi KRI Lada berlabuh tak jauh dari pelabuhan, lalu speedboat datang menjemput,” ujar dia.

Dia sendiri belum mengetahui secara persis berapa jumlah ABK yang diangkut dengan speedboat dari KRI Lada untuk dibawa ke Dobo.

“Nanti kami cocokan datanya dulu, saat ini kami belum tahu persis berapa jumlahnya,” ujar dia.

Berdasarkan indormasi yang diterima Kompas.com, beberapa ABK yang berhasil dievakuasi itu ada yang mengalami luka-luka akibat sabetan parang.

Mereka yang terluka selanjutnya ditangani oleh tim medis yang telah bersiaga di pelabuhan tersebut.

Baca juga: Soal Insiden KM Mina Sejati, Ini Penjelasan Pemilik Kapal

Sumber itu memastikan jumlah ABK yang berhasil dievakuasi dari atas KRI Teluk Lada berjumlah 8 orang.

Sejumlah pejabat TNI AL dan juga pejabat daerah lainnya ikut menyambut KRI Teluk Lada yang membawa ABK KM Mina Sejati itu di antaranya Komandan Lanal Aru, Letkol Laut Suhatro Silaban, Asintel Danguskamla Koarmada III, Kolonel Laut (P) Bimo Sutopo, KS Danguskamla Koarmada III Kolonel Laut (P) AM Susanto, Wakapolres Aru Kompol A Sena, dan Kepala BPBD Aru, Fredrik Hendrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com