Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Begal Beraksi di Tol Lampung, 1 Pelaku Berhasil Ditangkap

Kompas.com - 20/08/2019, 17:11 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Satu dari delapan pelaku begal yang beraksi di ruas Jalan Tol Trans Sumatera Kilometer 143 Terbanggi Besar, Senin (19/8/2019) dini hari berhasil ditangkap Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Satreskrim Polres Lampung Tengah.

Pelaku bernama Ardiansyah (25), warga Kampung Terbanggi, Kecamatan Terbanggi Besar.

Ardiansyah ditangkap setelah terlibat melakukan aksi pembegalan terhadap lima warga Palembang saat melintas di tempat kejadian perkara (TKP). 

Baca juga: Komplotan Begal Ini Jadikan Perempuan Sebagai Umpan

Kelima korban yang terancam terpaksa menyerahkan barang-barang miliknya berupa handphone merk Xiaomi dua unit, Redmi 2 dan 4X, iPhone X1 1 unit, Oppo 2 unit merk F7 dan F3, Evercroos 1 unit, jam tangan merk G-Shock, uang tunai sebesar Rp 750 ribu, kepada kawanan begal.

"Ada delapan orang (pelaku), mereka mengancam akan bunuh kami jika tidak menyerahkan barang-barang kami. Di antara mereka membawa senjata api, senjata tajam, tombak, dan balok," kata Ahmad Ridwan (25) warga Jalan KH Azhari, Kota Palembang ini.

 

Kepala Satreskrim Polres Lampung Tengah Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yuda Wiranegara mengatakan, Ardiansyah ditangkap di kawasan Kampung Terbanggi, sekitar pukul 01.45 WIB, setelah dua jam melakukan aksinya.

"Pelaku ini bagian dari tujuh orang pelaku lainnya yang beraksi melakukan pembegalan. Ia membawa satu balok kayu berukuran satu meter untuk mengancam korban," katanya. 

Baca juga: Polisi Tembak Mati Begal Sadis di Palembang

Dari tangan pelaku, pihaknya mengamankan tiga balok kayu yang digunakan saat beraksi dan laptop Accer warna hitam,

"Kita terus kejar untuk tujuh orang lainnya, karena kita sudah mendapatkan ciri-ciri serta identitasnya. Pelaku kita kenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara," tegasnya. 

Sementara itu, Ardiansyah mengatakan, jika ia dan rekan-rekannya biasa menjadikan areal ruas tol Terbanggi Besar - Palembang yang belum difungsikan sebagai tempat nongkrong-nongkrong dan minum-minuman keras.

"Kami biasa di situ (ruas tol Terbanggi Besar). Kalau malam ya duduk-duduk sambil minum (minuman keras). Saat itu kebenaran mobil itu (korban) masuk ke tol yang belum digunakan (ruas Terbanggi Besar - Palembang)," katanya.

Baca juga: Begal Beraksi di Bekasi, Motor Korban Dirampas

Melihat itu, ia bersama dengan rekannya berpura-pura menolong dengan menyingkirkan cor-coran yang ada di badan jalan supaya korban masuk.

Setelah jalan diketahui buntu, barulah para pelaku ini menghadang dengan balok kayu.

"Saya baru satu kali (membegal). Cuma ikut-ikutan saja dengan kawan-kawan yang lain nongkrong di tol. Saya bawa balok, kawan-kawan yang lain bawa Sajam dan Senpi," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di tribunlampung.co.id dengan judul 8 Begal di Lampung Tengah Cegat Mobil di Jalan Tol Lampung, Bawa Senjata Api hingga Balok Kayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com