Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jamin Keamanan Mahasiswa asal Papua di Malang

Kompas.com - 20/08/2019, 16:53 WIB
Andi Hartik,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri memastikan keamanan mahasiswa asal Papua yang ada di Kota Malang.

Asfuri akan terus berkomunikasi dengan perwakilan mahasiswa asal Papua yang ada di Malang untuk memastikan keamanannya.

"Tentunya kami terus berkomunikasi, ini tadi bertemu dengan perwakilan mahasiwa Papua. Kami coba bangun komunikasi kembali. Nanti kami akan adakan pertemuan bahwa adik-adik mahasiswa Papua yang kuliah di Malang ini terjamin keamanannya," kata Asfuri, usai makan siang bersama sejumlah mahasiswa asal Papua, Selasa (20/8/2019).

Baca juga: Pasca-kerusuhan di Papua, Aktivitas Pelabuhan Kembali Normal

Di sisi lain, Asfuri juga mengajak warga Kota Malang untuk menjaga kondusifitas. Asfuri berharap tidak akan ada lagi konflik yang dapat menimbulkan perpecahan.

"Kemudian juga tentunya saya mengajak seluruh masyarakat Kota Malang, kita menjaga bersama situasi yang sudah kondusif ini. Jangan dicederai dengan insiden yang dapat menimbulkan permasalahan atau konflik," ungkap dia.

Ketua Bidang Perguruan Tinggi dan Kepemudaan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badko Jawa Timur, Gayuh Satrio meminta semua pihak untuk menahan diri dan tidak melakukan tindakan yang memicu konflik.

"Mengimbau keseluruhan ormas untuk dapat lebih menahan diri, mengutamakan dan menghormati hak-hak setiap masyarakat," kata dia, melalui rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Tokoh Agama di Papua Imbau Masyarakat Tenang dan Percayakan Masalah Hukum ke Polisi

Selain itu, Gayuh juga meminta supaya pihak kepolisian mengusut pihak-pihak yang melakukan kekerasan dan intimidasi terhadap mahasiswa Papua.

"Mengusut tuntas dugaan adanya kekerasan dan intimidasi yang dilakukan ormas terhadap mahasiswa Papua," ujar dia.

Gayuh juga meminta Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk bertanggung jawab karena telah melakukan pembiaran kekerasan terhadap mahasiswa asal Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com