Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Wali Kota Malang Siap Jelaskan Pernyataan soal Mahasiswa Papua ke Mendagri

Kompas.com - 20/08/2019, 15:50 WIB
Andi Hartik,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengaku siap jika dipanggil oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Edi mengatakan akan menjelaskan terkait pernyataannya yang dianggap memunculkan opsi memulangkan mahasiswa asal Papua di Kota Malang yang bentrok dengan warga beberapa waktu lalu.

"Saya ini tahunya (akan dipanggil) dari media. Kalau seandainya memang diminta, diundang, kita siap akan jelaskan. Dari awal hingga akhir kronologinya seperti apa dengan data yang ada. Kewajiban kita seperti itu," katanya usai makan siang bersama sejumlah mahasiswa asal Papua di salah satu rumah makan di Kota Malang, Selasa (20/8/2019).

Baca juga: Wakil Wali Kota Malang Bantah Serukan Pemulangan Mahasiswa Papua

Edi sebelumnya membantah bahwa telah menyampaikan opsi pemulangan mahasiswa asal Papua yang terlibat bentrok dengan warga.

Selain itu, Edi menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang tidak akan mengeluarkan opsi pemulangan.

"Tadi kan sudah jelas saya sampaikan bahwa menggarisbawahi apa yang ditegaskan oleh Bapak Wali Kota bahwa di Malang tidak ada pemulangan, jelas," ungkapnya.

Pada Kamis (15/8/2019), mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) terlibat bentrok dengan warga di Perempatan Rajabali, Kayutangan, Kota Malang.

Saat itu, mahasiswa Papua hendak melakukan aksi di depan Balai Kota Malang.

Baca juga: Wali Kota: Siapapun Boleh Berada di Malang, Termasuk Warga Papua

Pada Senin (19/8/2019), aksi massa terjadi di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat. Bahkan, kerusuhan sempat terjadi di Manokwari.

Aksi itu salah satunya dipicu oleh pernyataan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang dianggap melontarkan opsi pemulangan terhadap mahasiswa asal Papua yang terlibat bentrok.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, tidak mengetahui kapasitas Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menyampaikan ada opsi pemulangan terhadap mahasiswa asal Papua yang ada di Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com