Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jamin Keamanan Warga Papua yang Tinggal di Jawa Timur

Kompas.com - 20/08/2019, 09:15 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan, menjamin keamanan warga Papua yang tinggal di Jawa Timur, untuk kepentingan pekerjaan maupun belajar.

Jaminan tersebut sepanjang tidak melanggar norma-norma hukum yang berlaku.

"Saya pastikan akan menjamin keamanan seluruh warga Papua yang tinggal di Jawa Timur. Bukan hanya Papua tapi seluruh suku dan di Indonesia yang tinggal di Jawa Timur sepanjang tidak melanggar aturan yang ada," kata Luki usai pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat Papua dan Muspida Jawa Timur di rumah dinasnya, Senin (19/8/2019) malam.

Baca juga: Polri Buru Pelaku Rasisme Terhadap Mahasiswa Papua

Di Jawa Timur kata dia, bukan hanya suku Jawa dan Madura yang tinggal menetap, tapi juga banyak dari suku dan etnis lainnya.

"Selama ini mereka hidup rukun dan harmoni dalam satu bingkai NKRI," jelasnya.

Kehidupan yang harmoni itu sendiri, menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dapat terbangun saat seluruh warga saling membangun pengertian, lalu saling percaya dan akhirnya saling menghormati satu dengan yang lainnya.

"Makanya harus saling bertatap muka dan intens berkomunikasi," jelasnya.

Baca juga: Kerusuhan Manokwari: Saling Memaafkan dan Jaga Kehormatan Papua

Dalam pertemuan tersebut, juga hadir Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak, pihak Kodam V Brawijaya, dan kelompok Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya.

Pertemuan non formal tersebut berlangsung hangat, bahkan Gubernur Khofiah sempat memimpin menyayikan lagu Tanah Papua bersama-sama.

Aksi kerusuhan di Papua Barat pecah sejak Senin Pagi. Massa disebut membakar gedung DPRD dan sejumlah kantor instansi lainnya.

Kerusuhan dipicu kejadian di Surabaya dan Malang yang disebut telah menghina warga Papua. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com