Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT ke-74 Jabar, Ini Harapan Ridwan Kamil

Kompas.com - 19/08/2019, 11:00 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin prosesi upacara HUT ke-74 Provinsi Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Senin (19/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Ridwan hadir mengenakan beskap sunda. Selain para pejabat Pemprov Jabar, hadir dalam acara itu sejumlah mantan gubernur dan tokoh Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, saat ini ia akan fokus menggenjot sektor infrastruktur, pariwisata, dan pengembangan ekonomi pedesaan.

"Kita fokus pasa dua hal, pembangunan infrastruktur dan pariwisata serta fokus pada ekonomi desa. Banyak berita baik, ekonomi maju, investasi baik, hal buruk berkurang, tantangan tentunya masih ada," ujar Emil.

Baca juga: Bermain Sepak Bola Sarung Bersama Warga, Ini Kesan Ridwan Kamil

Dalam upaya implementasi birokrasi 3.0, Emil juga berkomitmen untuk terus mempererat kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Kekompakan itu, kata Emil, sangat diperlukan mengingat Jabar merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia yang punya segudang persoalan.

"Tentunya ini akan mengakselerasi percepatan kita sebagai provinsi dengan penduduk terbesar punya tantangan yang alhamdulillah akan kita selesaikan dan insyaallah lima tahun semangat juara lahir batin bisa kita hadirkan," tuturnya.

Tak hanya bersifat fisik, Emil juga tengah menggodok proyek pendidikan kebudayaan serta spiritual masyarakat.

"Satu Desa Satu Hafiz, Magrib Mengaji menjadi bagian program yang kami dorong. begitu pula dengan peningkatan kualitas para ulama dengan English for Ulama. kami berharap para ulama jawa barat dapat go international," jelasnya. 

Baca juga: Ridwan Kamil Akan Bangun Masjid dan Hotel Terapung di Waduk Jatiluhur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com