Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Bangunan SD Ludes Dilalap Api dari Kebakaran Hutan dan Lahan

Kompas.com - 18/08/2019, 12:03 WIB
Hendra Cipta,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEMPAWAH, KOMPAS.com - Seluruh bangunan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19, Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, ludes terbakar, Sabtu (17/8/2019) petang.

Diduga, api berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhuta) yang memang berada tak jauh dari lokasi sekolah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mempawah, Hermansyah, mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu, anggota BPBD memang tengah tidak berada di lokasi kejadian.

"Kebakaran saat kita tidak turun ke lokasi, karena ada kegiatan upacara penurunan bendera," kata Hermansyah kepada Kompas.com, Minggu (18/8/2019).

Baca juga: Upacara 17 Agustus di Lokasi Kebakaran Hutan, Dibayangi Api, Tanpa Prosesi Pengibaran Bendera

Menurut dia, sekolah tersebut memang sudah terkepung oleh kebakaran hutan dan lahan. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, maka sejak beberapa waktu sebelumnya rutin dipantau dan dijaga.

"Sekolah itu memabg dijaga sejak awal. Tapi kemarin kecolongan. Karena masyarakat sekitar, kebetulan juga ada kegiatan di desa," terangnya.

Baca juga: Ini Penyebab Kebakaran KM Izhar yang Tewaskan 7 Penumpang di Perairan Pulau Bokori

Dia menjelaskan, sebelumnya upaya pemadaman api di sekitar bangunan sekolah juga telah dilakukan. Namun api tidak benar-benar padam.

"Api sudah mengepung sekolah itu. Sempat dipadamkam, tapi muncul lagi, karena api sudah membakar tanah bagian dalam," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com