Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Hari Ulang Tahun Gus Mus, Dukung Susi Tetap Jadi Menteri hingga Pesan untuk Jokowi

Kompas.com - 15/08/2019, 16:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - KH Mustofa Bisri atau Gus Mus menyampaikan pesan kepada Presiden Joko Widodo bahwa dirinya mendukung Susi Pudjiastuti untuk tetap menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Hal itu diungkapkan oleh ulama berkharismatik asal Rembang, Jawa Tengah, tersebut di acara perayaan ulang tahunnya ke-75 di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang.

Tampak sejumlah tokoh hadir dalam acara tersebut, antara lain Mahfud MD, Ganjar Pranowo, Susi Pudjiastuti, Sudhamek, istri almarhum Gus Dur Sinta Nuriyah, serta sejumlah seniman dan budayawan tanah air.

Berikut sejumlah fakta menarik saat hari ulang tahun Gus Mus:

1. Pesan untuk Presiden Jokowi 

Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus di forum ulang tahun tahun ke 75 di Sam Poo Kong, Semarang, Rabu (14/8/2019) malam.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus di forum ulang tahun tahun ke 75 di Sam Poo Kong, Semarang, Rabu (14/8/2019) malam.

Saat berada di panggung, Gus Mus memuji Susi, perempuan asal Jawa Barat tersebut.

"Kalau Bu Susi diganti mungkin laut rusak lagi. Tolong sampaikan ke Pak Jokowi, orang yang dekat Pak Jokowi, Gus Mus mendukung bu Susi," katanya.

Alasan Gus Mus mendukung Bu Susi adalah kecintaan terhadap NKRI melalui kebijakan-kebijakan di bidang kelautan sangat jelas dan tegas.

"Saya kagumi Bu Susi bukan sebagai menteri, saya kagumi sebagai perempuan Indonesia, yang bangga Indonesia, mencintai rakyat Indonesia," tambahnya.

Jika pun nantinya tidak dipilih lagi menjadi menteri, Gus Mus akan memberinya pekerjaan.

"Kalaupun tidak jadi menteri, saya kasih gawean (kerjaan)," candanya.

Baca juga: "Tolong Sampaikan ke Pak Jokowi, Gus Mus Mendukung Bu Susi..."

2. Gus Mus berterima kasih kepada gurunya semasa di SR

Guru SD Gus Mus, Achmad Rifai, saat menerima potongan nasi tumpeng. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATINSLAMET PRIYATIN Guru SD Gus Mus, Achmad Rifai, saat menerima potongan nasi tumpeng. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN

Acara yang digelar di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang itu dihadiri oleh ribuan orang. Dalam kesempatan tersebut, Gus Mus berterima kasih kepada salah satu gurunya di Sekolah Rakyat SR). Guru tersebut bernama Rifai.

"Guru saya yang langsung mengajari saya dicari-cari tidak ada, hanya satu guru sekolah rakyat dan saya minta untuk dihadirkan di sini. Saya ingin mengucapkan terima kasih. Namanya Pak Rifai. Ini guru saya yang formal satu-satunya," tambahnya.

Baca juga: Usia ke-75, Gus Mus Mengaku Masih Terus Belajar

3. Sosok ulama gemar menulis di media massa

Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus saat berbicara di forum ulang tahun tahun ke 75 di Sam Poo Kong, Semarang, Rabu (14/8/2019) malam.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah KH Mustofa Bisri atau Gus Mus saat berbicara di forum ulang tahun tahun ke 75 di Sam Poo Kong, Semarang, Rabu (14/8/2019) malam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com