Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balita 14 Bulan yang Ditemukan Bersama Jenazah Ayahnya Dibawa Keluarga

Kompas.com - 15/08/2019, 15:41 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Balita berinisial N (14 bulan), yang ditemukan berada di samping jenazah ayahnya, Aan Junaidi alias Fauzi, warga Perumahan Kaliwining Asri, Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur, akhirnya dibawa keluarga ke Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (15/08/2019).

Bayi N dibawa Setiyati, kakak kandung dari ibu balita tersebut.

“Jadi, adik saya ibu dari balita ini bernama Sulastri, dan dia memang saat ini jadi TKW di Taiwan,” ungkap Setiyati, saat ditemui di Kantor Desa Kaliwining, Kamis.

Setiyati mengaku, baru dikabari adiknya dari Taiwan, Kamis dini hari tadi pukul 02.00 WIB, dan dia langsung berangkat ke Jember.

Baca juga: Kisah Juan, Anak Balita Ditinggal Orangtua Bercerai hingga Tewas Terbakar

“Saya dikabari dini hari tadi jam 02.00 WIB. Saat itu, adik saya telepon dan dia mengabari kalau suaminya meninggal dunia, dan dia minta agar anaknya dibawa saya untuk dirawat,” ujar dia, dengan mata berkaca- kaca.

Menurut Setiyati, adiknya tersebut berangkat kerja ke Taiwan sekitar enam bulan yang lalu. Tetapi baru bekerja sekitar tiga bulan yang lalu.

“Jadi, kan masih di penampungan dulu, dan adik saya baru bekerja tiga bulan di Taiwan. Sebenarnya mau pulang, tetapi belum mendapat izin,” ujar dia.

Setiyati bersama keluarganya mengaku sempat kebingungan mencari alamat rumah adiknya di Jember.

“Kami belum pernah sampai ke rumahnya, karena baru pindah ke perumahan. Tadi sempat kebingungan, dan alhamdulillah akhirnya ketemu. Ini setelah proses penyerahan dari berbagai pihak, langsung saya bawa ke Banyuwangi,” kata dia.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, proses penyerahan balita berinisial N tersebut dilakukan di kantor desa setempat dengan melibatkan sejumlah pihak, seperti kepolisian, pemerintah desa dan kecamatan, serta tim kesehatan.

Baca juga: Balita yang Selamat dari Kecelakaan Karawaci Datang ke Pemakaman Ibunya

“Jadi, sebelum diserahkan ke pihak keluarga ibu balita ini, kami periksa dulu kondisi kesehatan balitanya di Puskemas Rambipuji. Kami harus pastikan betul kondisinya,” kata Pj Kepala Desa Kaliwining, Sugeng Hariadi.

Sebelumnya, seorang N ditemukan warga Perumahan Kaliwining Asri, Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember Jawa Timur, dalam kondisi cukup mengenaskan, Rabu (14/8/2019) sore.

Bayi tersebut ditemukan berada di samping mayat orangtuanya, Aan Junaidi alias Fauzi, yang diperkirakan sudah meninggal tiga hari yang lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com