Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Tampil Mengenakan Kain Sarung, Ini Alasan Bupati Bener Meriah

Kompas.com - 14/08/2019, 12:51 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Tampil dengan mengenakan kain sarung dalam kegiatan sehari-hari, termasuk dalam acara resmi pemerintahan bukan hal yang aneh bagi Bupati Bener Meriah Sarkawi.

Sarkawi juga tidak menganggap penggunaan kain sarung sebagai sebuah kewajiban.

Menurut Sarkawi, kegemarannya memakai kain sarung ternyata karena sudah terbiasa sejak dia mengenyam pendidikan di pesantren.

"Sebenarnya sudah faktor terbiasa saja, dan secara hukum diberikan ruang untuk itu. Jadi bukan kewajiban, karena pada situasi yang membutuhkan, kami juga menyesuaikan diri," kata Sarkawi kepada Kompas.com usai melepas peserta Jalan Santai dalam rangka HUT ke-74 RI di Jalan Serule Kayu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah, Aceh, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: 4 Fakta Kasus Perundungan Kakek Hamdan, Hidup Sebatang Kara hingga Diikat Sarung

Menurut Sarkawi, karena sudah terbiasa dengan mengenakan kain sarung, dia jadi agak kesulitan untuk merubah penampilan.

Meski demikian, menurut Sarkawi, dalam momen-momen atau acara tertentu, dia bisa saja tidak mengenakan sarung.

Sarkawi mengaku senang karena kebiasaannya itu tidak hanya dilakukan seorang diri.

Wakil Presiden terpilih RI Ma'ruf Amin juga memiliki kebiasaan mengenakan sarung dalam berbagai acara.

"Kalau sebelumnya kami agak sendirian, nanti kami sudah punya teman, calon pimpinan kita nanti mengenakan pakaian yang sama," ucap Sarkawi sambil bergurau.

Selain karena terbiasa, Sarkawi mengaku memilih memakai kain sarung dalam kehidupan sehari-hari karena merasa nyaman ketika memakainya.

Meski demikian, Sarkawi tidak ingin dipandang sebagai orang yang anti terhadap pakaian formal yang digunakan pada umunya.

"Jadi begini, dalam pandangan kami, baik Kyai Ma'ruf dan saya juga sama, memakai kain sarung itu merupakan sebuah kemestian sebenarnya. Jadi jangan dipahami kita anti dengan celana, tidak seperti itu. Jadi karena faktor kenyamanan saja, karena sudah nyaman seperti ini ya kami lanjutkan," kata Sarkawi.

Selain Sarkawi, berdasarkan penelusuran Kompas.com, ada satu lagi kepala daerah yang mengenakan kain sarung dalam kegiatan sehari-hari dan selama mengikuti acara pemerintahan, yakni Wakil Bupati Aceh Besar Husaini A Wahab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com