Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala BNN: Tidak Usah Lapor Jika Ada Penyalahgunaan Narkoba, Tangkap Saja Langsung Pelakunya

Kompas.com - 14/08/2019, 09:42 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen Pol Heru Winarko meminta masyakarakat lebih berperan aktif dalam menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungannya masing-masing.

Heru bahkan meminta masyarakat untuk bertindak lebih tegas apabila di lingkungan tempat tinggal mereka menemukan adanya penyalahgunaan maupun transaksi narkoba.

“Kalau misal ada yang tanya, pak kalau ada pengguna atau transaksi (narkoba) kami harus lapor ke mana? Tak usah lapor, langsung tangkap saja, itu tangkap tangan, yang tangkap tangan siapapun bisa menangkap, silahkan. Nanti itu (pelaku) serahkan ke kepolisian atau ke BNN setempat,” kata Heru kepada wartawan di Cianjur, Selasa (13/08/2019).

Pihaknya mengajak semua elemen masyarakat bahu membahu mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungannya masing-masing.

Baca juga: Kepala BNN: Banyak Narkotika Jenis Baru yang Belum Diatur

“Langkah pertama yang harus diaktualisasikan sebagai upaya pencegahan dini tentu harus dimulai dari lingkungan keluarga. Para orang tua wajib mengenali anak-anaknya dengan baik. Sehingga jika terjadi perubahan yang drastis pada anak-anaknya bisa segera melakukan antisipasi,” tuturnya.

Perhatian pada anak-anak, terutama generasi muda harus dilakukan dengan sangat serius mengingat peredaran maupun penyalahgunaan narkoba saat ini semakin menyasar kalangan muda.

“Angkanya mencapai 5 persen atau dari 100 anak muda ada 5 orang yang menyalahgunakan narkoba. Kondisi ini tentu sangat bahaya, jangan sampai bonus demografi kita hilang gara-gara narkoba ini,” ujarnya.

Maka dari itu, melalui deklarasi Desa Bersinar (Bersih Narkoba) yang serentak digelar diberbagai wilayah di Indonesia diharapkan dapat mempersempit ruang gerak pengedar dan penyalahguna narkoba.

“Penting sekali untuk membersihkan desa dari narkoba, berikutnya kita menyasar ke kawasan perkotaan, kita bersihkan semua ,” imbuhnya.

Baca juga: Kurir Narkoba Digebrek BNN, Ganja Disembunyikan di Tabung Kompresor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com