Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Janji Kerahkan Pesawat Hercules Padamkan Karhutla Riau

Kompas.com - 13/08/2019, 10:21 WIB
Citra Indriani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU,KOMPAS.com - Panglima TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya serta Kepala BNPB Letjen Doni Monardo tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadi Pekanbaru pada Selasa (13/8/2019) pagi.

Rombongan datang untuk meninjau langsung kondisi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau.  

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini, nantinya akan dibantu dengan mengerahkan pesawat hercules untuk melakukan pengeboman air atau water bombing di wilayah yang sulit dijangkau. 

Hal ini disampaikannya usai melakukan rapat kordinasi bersama tim satgas karhutla di Riau.

Baca juga: 4 Fakta Karhutla Riau, Api Tak Kunjung Padam hingga 4 Wilayah Terpapar Kabut Asap

"Setelah menerima paparan dari Gubernur Riau dan Kepala BMKG Riau terkait situasi dan titik api termasuk upaya pemadaman. Memang setelah kami mendapat informasi kemungkinan curah hujan itu akan bisa dikelola untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)," kata Hadi.

Menurut dia, mulai Agustus sampai Oktober merupakan bulan kering. Sehingga metode water bombing dirasakan tepat. 

"Langkah yang akan kita lakukan diantaranya adalah dengan mengerahkan pesawat hercules yang rencananya untuk melaksanakan pengeboman dengan bola air," kata Hadi.

Sedangkan jika ditemukan oknum atau pelaku pembakar lahan oleh petugas TNI, maka pihaknya akan segera berkordinasi dengan pihak kepolisian. 

Baca juga: Cerita Tim Manggala Agni Padamkan Karhutla Riau: Pinjam Sampan Warga Demi Tembus Lokasi hingga Berpindah-pindah Cari Kepala Api

Panglima TNI juga mengatakan jika anggotanya tidak akan segan ke lapangan dengan kepolisian untuk bisa dapat menangkap pelaku pembakaran lahan.

Bersama Kapolri, Menteri LHK dan Kepala BNPB, Panglima TNI selama kurang lebih 2 jam melihat wilayah yang terdampak karhutla.

Rombongan juga akan akan mendarat di wilayah Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, untuk melihat situasi di lapangan sebelum kemudian kembali ke Pekanbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com