Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saling Berbagi Daging Kurban untuk Warga Non-Muslim di Kaliwungu, Jombang

Kompas.com - 11/08/2019, 16:11 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Daging hewan kurban di lingkungan RT 01/RW 01, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tidak hanya dibagikan kepada kalangan umat Islam.

Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Kaliwungu Sulis Setia mengatakan, warga di lingkungannya memiliki agama yang berbeda, antara lain ada yang beragama Islam, Kristen serta Konghucu.

Dia menjelaskan, saling berbagi antar masyarakat di lingkungannya merupakan tradisi yang terjalin sejak lama. Hingga kini, tradisi itu tetap bertahan.

Menurut Sulis, tradisi saling berbagi tanpa mencampuradukkan soal akidah, merupakan wujud kebersamaan untuk menjaga dan merawat kerukunan antarumat beragama di lingkungannya.

"Kita saling memberi, saling berbagi. Ini juga untuk menjaga kerukunan antarumat beragama di wilayah RT 01 Desa Kaliwungu," kata Sulis saat ditemui di lokasi penyembelihan dan pembagian daging kurban.

Baca juga: Slamet, Warga Nasrani di Gunungkidul yang Ikut Memotong Daging Kurban

Sulis mengatakan, pada hari raya Idul Adha tahun ini, pihaknya menyiapkan 100 paket daging kurban yang dikemas dalam besek bambu.

Paket daging kurban tersebut berasal dari dari 5 ekor kambing yang disembelih.

Dari 100 paket, menurut Sulis, sebanyak 60 paket diberikan untuk umat Islam.

Sedangkan, selebihnya diberikan kepada warga non-Muslim di lingkungan RT 01 RW 01 Kelurahan Kaliwungu.

Adapun, salah satu sasaran pembagian daging kurban, yakni jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW). Gereja ini berada di lingkungan RT 01 RW 03 Kelurahan Kaliwungu.

"Waktu Desember (hari natal), dari Gereja memberi bingkisan kepada warga. Semuanya lebih kurang ada 60 yang dibagikan. Kita saling bergantian, kalau hari raya Idul Adha, kami juga memberikan (daging kurban) ke sana," ujar Sulis.

Sekretaris GKJW Jombang Bambang Sujianto mengatakan, tradisi saling berbagi merupakan ikhtiar bersama yang berdampak positif bagi terciptanya kerukunan di masyarakat.

"Kita senang, kemarin waktu hari raya Idul Fitri kita juga dapat beras. Ini sebagai wujud kebersamaan dan menjaga kerukunan antar masyarakat di sini," kata Bambang usai menerima paket daging kurban yang diserahkan oleh Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Kaliwungu.

Menurut Bambang, saling berbagi merupakan tradisi yang berlangsung setiap tahun.

Tradisi ini merupakan upaya berbagi kebahagiaan saat datangnya hari raya bagi setiap pemeluk agama.

"Setiap tahun seperti ini (saling berbagi), kita dapat dari RT dan nanti kalau Desember, dari kami juga memberikan (bingkisan) cinta kasih untuk masyarakat di daerah sini," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com