Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bocah SD Temukan Granat Nanas Aktif Saat Asyik Bermain Gali Tanah

Kompas.com - 11/08/2019, 15:24 WIB
Himawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dua siswa SD Al Muzahwirah Makassar, Sapa (14) dan Abdal Lul Ilmi (12) menemukan granat nanas aktif saat sedang asyik bermain di samping sekolahnya di Jalan Teuku Umar 12, Kecamatan Tallo, Makassar, pada Jumat (9/8/2019) lalu. 

Penemuan terjadi saat jam istirahat. Saat itu kedua siswa tersebut hendak memainkan permainan tradisional.

Sapa yang menggali tanah dengan menggunakan besi dikejutkan ketika alat yang dipakainya itu menggali tiba-tiba mengenai granat yang tertanam tersebut. 

"Jadi Sapa itu sedang keluar main, mau main kalau orang bugis bilang maccuke. Saat digali dia lihat ada benda bulat mirip granat dalam tanah kurang lebih 30 centimeter," kata Kanit Reskrim Polsek Tallo Iptu H Ramli, Minggu (11/8/2019).

Baca juga: Gali Kuburan, Warga di Ambon Malah Temukan Granat Aktif

Ramli menambahkan bahwa Sapa yang penasaran dengan benda temuannya itu kemudian memanggil Abdal untuk melihatnya. Abdal lalu mengambil benda tersebut dan kemudian mencucinya hingga keduanya yakin benda yang ditemukan tersebut sebuah granat. 

"Saat dicuci cukup bersih, kaget karena bentuknya sudah mirip granat. Anak itu langsung lapor gurunya. Nah gurunya ini yang melaporkan kepada kami," kata Ramli. 

Ramli mengatakan pihaknya saat ini telah berkoordinasi dengan tim penjinak bom (jibom) Brimob Polda Sulsel usai turun langsung ke lapangan melihat granat tersebut. 

Ramli menerangkan bahwa dari penuturan warga sekitar, tempat ditemukannya granat tersebut dulunya merupakam gudang senjata di masa kolonial Belanda. Pihaknya pun kini menyerahkan sepenuhnya granat tersebut ke tim Jibom. 

"Alhamdulillah sudah aman tidak sampai meledak dan menimbulkan kerugian. Iya memang dari cerita tokoh masyarakat disana memang daerah itu bekas gudang senjata milik Belanda," tandasnya.

Baca juga: Seorang Wanita di Kupang Temukan Granat Aktif Buatan Korsel di Tas Milik Almarhum Suaminya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com