Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pasangan Kakek Nenek yang Meninggal Dunia Selang 12 Jam

Kompas.com - 08/08/2019, 18:19 WIB
Himawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - H Batriy Zilkam, seorang kakek yang tinggal di Jalan Cakalang VI, Kelurahan Totaka, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, disemayamkan secara bersamaan dengan istrinya Hj Maimunnah, Senin (5/8/2019) lalu. 

Batriy Zilkam meninggal dunia di usia 76 tahun pada Senin (5/8/2019) sekitar pukul 01.30 Wita dini hari.

12 jam sebelum dirinya mengembuskan napas terakhirnya, sang istri lebih dulu meninggal dunia di usia 74 tahun sekitar pukul 13.30 Wita, Minggu (4/8/2019).

Baca juga: 3 Pasangan Ini Nikah Sambil Panjat Tebing, Maharnya Bendera dan Teks Proklamasi

Sang anak, Zulqarnain Batriy (41), kembali menceritakan detik-detik pasangan yang telah hidup bersama lebih dari 40 tahun itu sebelum meninggal dunia. 

Sang ibu, kata Zulqarnain, sudah lebih sepuluh tahun berjuang melawan penyakit gula yang dideritanya. Sementara sang ayah, juga sudah keluar masuk rumah sakit sekitar setahun belakangan.

"Dua hari sebelum meninggal, ibu masih jalan. Keduanya juga masih sadar meski sakit," kata Zulqarnain, kepada Kompas.com, Kamis (8/8/2019).

Zulqarnain melanjutkan, Batriy sangat terpukul dengan kepergian istrinya. Ia masih sempat duduk menangis di samping sang istri, sembari mendoakan istrinya tersebut saat disemayamkan siang itu. 

Hal ini sangat berbeda ketika sang istri masih hidup. Batriy sangat bersemangat untuk sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Setiap kali anaknya menanyakan apakah ia ingin sembuh, jawaban optimistis selalu keluar dari mulutnya. 

"Setelah itu kami jaga dan beliau berpesan untuk jaga cucu-cucunya," kenang Zulqarnain. 

Sehari sebelum meninggal, sang ayah berkata bahwa kelak jika sang ibu meninggal dunia, dirinya ingin dikuburkan dalam lubang yang sama dengan istrinya.

Baca juga: Perkembangan Terbaru Kasus Oknum TNI Diduga Jual Amunisi ke OPM

 

Batriy juga berkata kepada Zulqarnain, jika istrinya meninggal, dia juga akan meninggal dunia. 

Zulqarnain melanjutkan, kedua orangtuanya memang selalu bersama-sama. Keduanya naik haji bersama, liburan bersama, serta melawan penyakit secara bersamaan. 

Batriy Zilkam dan Mutmainnah telah dimakamkan di Kampung Ma'rang, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep, usai shalat zuhur, Senin (5/8/2019). 

Pasangan pensiunan guru ini meninggalkan tiga orang anak dan empat orang cucu. Namun, selain keluarga, seluruh warga Jalan Cakalang VI merasa kehilangan atas kepergian kedua pasangan yang dikenal sangat dermawan ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com