Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Pemekaran Garut Selatan, Rumah Sakit dan Pendopo Dibangun

Kompas.com - 08/08/2019, 17:45 WIB
Ari Maulana Karang,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Garut, pada 2020 mendatang akan membangun rumah sakit di Kecamatan Bungbulang. Pembangunan RSU ini, juga menjadi upaya persiapan pemekaran Garut Selatan.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyampaikan, tahun 2019 ini, Pemkab Garut telah menganggarkan Rp 20 miliar untuk pembebasan lahan untuk RSU di Bungbulang.

"Sebenarnya sejak tahun 2018, tapi lokasinya tidak direkomendasikan oleh PVMBG setelah dilakukan pengecekan, makanya tahun ini harus sudah dibebaskan," kata Helmi, Kamis (8/8/2019).

Menurut Helmi, sampai saat ini, di wilayah Garut Selatan baru ada satu RSU di Kecamatan Pamengpeuk.

Baca juga: Pemkab Garut Siapkan Pemekaran Garut Selatan Mulai 2020

 

Karenanya, perlu ada satu lagi RSU di wilayah Garut Selatan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Di luar negeri, rasionya satu rumah sakit untuk 200.000 penduduk, jumlah penduduk Garut Selatan saat ini ada 600.000," kata dia.

Helmi sendiri sudah melakukan pengecekan lokasi tanah yang akan dibangun RSU. Ada 5 titik lokasi yang telah di survei dan akan dikaji oleh Dinas Kesehatan dan dikonsultasikan ke PVMBG.

"Yang pasti lokasinya harus strategis, akses mudah dan tanahnya juga aman," ujar dia.

Soal persiapan infrastruktur pemekaran Garut Selatan, Helmi mengakui telah mendapat perintah dari Pemprov Jabar untuk melakukan persiapan.

Karenanya, tahun 2020 selain pembangunan rumah sakit, Pemkab Garut juga akan membangun pendopo pemerintahan di calon ibu kota Garut Selatan, di Kecamatan Mekarmukti.

"Tanahnya sudah ada, hibah dari desa seluas 200 hektare lebih, masjid besar sudah dibangun dekat pendoponya," ungkap Helmi.

Terkait anggaran pembangunan, menurut Helmi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jabar.

Rencananya, pembebasan lahan akan dibiayai APBD Garut dan pembangunan akan dibiayai Pemprov Jabar.

Selain rumah sakit dan pendopo, lanjut Helmi, Pemkab Garut juga akan berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Garut Selatan, hingga sarana pendidikan dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi (PT).

Anwar Shodiq, tokoh masyarakat Kecamatan Bungbulang yang selama ini aktif mendorong pemekaran Garut Selatan mengakui, komitmen Pemkab Garut dan Provinsi Jawa Barat, telah cukup kuat mendorong pemekaran Garut Selatan. Saat ini, bolanya ada di pemerintah pusat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com