Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Puncak Gunung Ciremai Terbakar, Para Pendaki Dievakuasi

Kompas.com - 08/08/2019, 09:00 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUNINGAN, KOMPAS.com - Sekitar kawasan puncak Gunung Ciremai dilaporkan terbakar Rabu (7/8/2019). Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Jawa Barat masih melakukan pendataan.

Berdasarkan rilis sementara Tim Pusdalop BPBD Kabupaten Kuningan Rabu pukul 21.27 WIB, kebakaran terjadi di sekitar Gua Walet Puncak Gunung Ciremai, dengan titik koordinat: 6°54'2.63" S, 108°23'42.93" T. Dampak dan kerugian belum bisa diperkirakan.

"Kronologisnya, kepulan asap mulai terlihat pada pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka. Upaya penanganan, tim BPBD Kuningan melakukan koordinasi dengan BTNGC dan BPBD Majalengka serta pemantauan di Jalur Palutungan," seperti dikutip dalam rilis.

Tim Gabungan dari BTNGC, Polri, BPBD Majalengka, masyarakat dan MPGC Apuy menuju lokasi kebakaran pada Rabu pukul 15.00 WIB untuk mengevakuasi para pendaki dan melakukan pemadaman. 

Baca juga: Kebakaran di Blok Goa Walet, Seluruh Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup

Dalam rilis tersebut, BPBD juga menyebut api masih menyala menyebar ke arah atas dan angin bertiup ke arah selatan.

Kamis (8/8/2019) pagi tadi, pukul 03.00 WIB,  MPGC Palutungan memberangkatkan sejumlah personil untuk mengevakuasi para pendaki dan pemantauan kebakaran.

Pantauan Kompas.com pada Kamis (8/8/2019) pagi di pos Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, asap masih mengepul di lokasi kebakaran.

Kepulan asap semakin membesar dari awal kejadian. Sejumlah petugas juga tengah bersiap menuju titik kebakaran untuk melakukan pemadaman puncak Gunung Ciremai yang terbakar.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Sampai 5 Juni 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com