Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Antariksa Nasional, Siswa SD Datangi Lapan Tanya soal Alien dan UFO

Kompas.com - 07/08/2019, 18:13 WIB
Aam Aminullah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Rumah warga di sekitar Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat padam, Selasa (6/8/2019) sekitar pukul 20.00 WIB, padam.

Namun, bukan karena listrik dari PLN padam lagi. Warga Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan ini memang sengaja dan kompak memadamkan lampu rumah mereka.

Alasannya, seluruh penghuni rumah khususnya anak-anak bisa mengetahui dunia luar angkasa melalui teropong yang ada di Lapan Sumedang. Hal itu juga dilakukan untuk memperingati Hari Antariksa Nasional yang diperingati pada 6 Agustus.

Meski di tengah gelap, suasana di Lapan Sumedang riuh dengan kehadiran ratusan warga yang berkunjung.

Baca juga: Pangkalan Rahasia Area 51 Bakal Diserbu untuk Lihat Alien, Ini Peringatan AU AS

Selain harus rela antre untuk melihat keberadaan planet di luar angkasa melalui teropong, di lokasi juga berlangsung tanya jawab pengunjung dengan pihak Lapan Sumedang.

Salah seorang pelajar kelas 5 SD, Asep (11) melontarkan pertanyaan menarik. Asep menanyakan soal keberadaan alien dan pesawat UFO.

Dengan cekatan pihak Lapan Sumedang melalui Astronom lulusan ITB, Gerhana Puannandra Putri menjawab antusias pertanyaan tersebut.

Puan menjelaskan, yang menyatakan bahwa UFO kerap diidentikan dengan pesawat luar angkasa karena bentuknya yang tak lazim dengan pesawat lainnya yang biasa terlihat di bumi.

"Disebut UFO karena pesawat itu sesuai dengan namanya Unidentified Flying Object. Jadi bisa merupakan pesawat yang dirancang manusia untuk kepentingan tertentu dan bersifat rahasia. Sehingga disebut UFO, atau pesawat yang tidak teridentifikasi," jawab Puan, Selasa malam.

Sedangkan terkait Alien, Puan menjawab bahwa hingga saat ini belum ditemukan tanda-tanda ada kehidupan lain selain di bumi. Keberadaan Alien hanya merupakan gambaran manusia semata.

"Jadi hingga sejauh ini, dari para ahli antariksa belum diketahui ada tidaknya kehidupan seperti halnya kehidupan di bumi yang kita tempati ini. Alien hanya ada di film-film, buah imajinasi manusia," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com