Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bara Api di Tungku Sebabkan 3 Rumah di Sumedang Ludes Terbakar

Kompas.com - 07/08/2019, 15:24 WIB
Aam Aminullah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Tiga rumah panggung di Dusun Sukamaju, RT 02/12, Desa Sukawangi, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ludes terbakar, Rabu (7/8/2019) sekitar pukul 09.20 WIB.

Ketiga rumah tersebut diketahui milik Sarmi (95), jompo pemilik rumah panggung berukuran 4x6 meter persegi.

Lalu, Dodi (23), petani, pemilik rumah berukuran 5x7 meter persegi, serta Dana (25), petani pemilik rumah berukuran 5x7 meter persegi.

Baca juga: Diduga Lalai Menaruh Lilin Saat Pemadaman Listrik, 3 Rumah Terbakar

Kapolsek Pamulihan Iptu Agus Permana mengatakan, sumber api diduga berasal dari bara api di tungku rumah jompo Sarmi.

"Bara api di tungku Pak Sarmi diduga membesar akibat kencangnya angin. Api terus merambat dan membesar hingga mengakibatkan tiga rumah yang letaknya berimpitan satu sama lain ludes terbakar," ujarnya kepada Kompas.com di Polsek Pamulihan, Rabu siang.

Agus menuturkan, kondisi bangunan berbahan kayu dan bilik sehingga api mudah merambat dan membakar ketiga rumah tersebut.

Agus menyebutkan, api baru dapat dipadamkan satu jam kemudian oleh warga sekitar dibantu pihak kepolisian dan unsur TNI.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, semua penghuni rumah selamat. Kerugian belum dapat ditaksir. Dan, untuk sementara, seluruh korban tinggal di rumah keluarga mereka," tuturnya.

Baca juga: Sebuah Rumah Terbakar, 4 Bocah Bersaudara Ditemukan Tewas

Agus mengimbau, warga agar lebih waspada dan hati-hati pada musim kemarau berkepanjangan dengan kondisi angin yang berembus kencang. Hal itu agar peristiwa kebakaran seperti ini tidak kembali terjadi.

"Kami imbau warga agar lebih berhati-hati di musim kemarau. Baik yang diakibatkan oleh arus listrik maupun yang diakibatkan oleh tungku api, karena pada musim kemarau sangat rentan terjadi kebakaran," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com