Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pandaan-Malang Ditarget Rampung Total Pada Akhir Tahun

Kompas.com - 07/08/2019, 07:15 WIB
Andi Hartik,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pihak PT Jasamarga Pandaan Malang (JMP) mentargetkan pembangunan Tol Pandaan-Malang rampung total pada November mendatang atau akhir 2019.

Saat ini, tol sepanjang 38,48 kilometer itu masih menyisakan dua seksi pembangunan, seksi 4 dan 5 dari interchange Singosari hingga Kota Malang.

Sedangkan seksi 1 hingga 3 dari Pandaan, Kabupaten Pasuruan sampai interchange Singosari, Kabupaten Malang sudah dioperasikan dan akan resmi berbayar pada Jumat (9/8/2019) nanti.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo mengatakan, konstruksi seksi 4 dari Singosari hingga Pakis sudah selesai. Ruas tol itu tinggal menunggu uji laik fungsi.

Baca juga: Setelah Berbayar, Pengguna Tol Pandaan-Malang Diprediksi Menurun

Berbeda dengan seksi 5 yang masih dalam tahap konstruksi. Seksi 5 juga masih menyisakan persoalan lahan di Kelurahan Madyopuro, Kota Malang.

Terkait dengan persoalan lahan itu, Agus Purnomo mengaku tinggal menunggu keputusan eksekusi dari Pengadilan Negeri setempat.

"Madyopuro, yang 53 (petak) itu sekarang sedang proses pengajuan untuk eksekusi. Kapan Pengadilan Negeri memutuskan untuk melakukan eksekusi. Kami harap secepatnya karena target kami November sudah selesai. Seperti yang diminta oleh Bapak Presiden," kata Agus di Kantor PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Terbengkalai, Begini Kondisi Situs Suci Kerajaan Singosari di Tol Pandaan-Malang

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) unsur Kementerian PUPR, Agita Widjajanto juga mentargetkan sama. Menurutnya, ruas Tol Pandaan-Malang harus rampung total pada November mendatang.

"Kalau seksi 5 saya coba tinjau ke sana, sedang on progress konstruksinya. Kira-kira November sudah selesai. Jadi saya kira sudah bisa digunakan saat Nataru (Natal dan Tahun Baru)," ungkapnya.

Adapun untuk seksi 4, Agita mengatakan sudah selesai dan tinggal menunggu uji laik fungsi.

"Tinggal uji laik fungsi. Kalau sudah sesuai kita akan mengluarkan sertifikat laik operasi," jelasnya.

Baca juga: Jokowi Yakin Tol Pandaan-Malang Tingkatkan Sektor Pendidikan dan Wisata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com