Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Titik "Traffic Light" di Bandung Mati, Ini Upaya Polisi Tangani Lalu Lintas

Kompas.com - 05/08/2019, 18:06 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemadaman listrik yang terjadi Minggu (4/8/2019), sempat mematikan sejumlah lampu lalu lintas atau traffic light di beberapa titik di Kota Bandung.

Hal tersebut tentu berdampak terhadap aktivitas arus kendaraan di Kota Bandung.

Guna mengantisipasi adanya pemadaman listrik kembali, Satlantas Polrestabes Bandung telah menyiapkan sejumlah langkah dengan menerjunkan personelnya ke beberapa titik adanya gangguan atau matinya lampu lalu lintas. 

Hal tersebut dilakukan untuk membantu mengatur arus kendaraan secara manual. 

Baca juga: Dampak Listrik Padam, Bisnis Potong Rambut di Bandung Rugi hingga 10 Juta

"Tadi malam (Minggu 4 Juli 2019) beberapa titik sudah terkendali, kecuali wilayah seputaran Jalan Pasteur dan Surya Sumantri, karena listriknya nyala baru sekira pukul 24.00 WIB. Saat itu, volume kendaraan cukup padat," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo, di Mapolrestabes Bandung, Senin (5/8/2019). 

Menurutnya, hari ini berdasarkan laporan yang diterima, beberapa titik lampu lalu lintas dipadamkan secara bergiliran. "Menurut laporan ada 6 titik traffic light yang mati," ucap Bayu. 

Ke enam lampu lalu lintas di Kota Bandung yang mengalami pemadaman itu berada di Jalan Eyckman, Kiaracondong, Bypass Soekarno Hatta, seputaran Bandara Husein Sastranegara, Sudirman, dan Jalan Garuda.   

Karenanya, Bayu mengerahkan personelnya untuk membantu mengatur lalu lintas secara manual.

"Berdasarkan perintah Kapolrestabes 2-4 personel disiagakan untuk gatur, mereka secara bergantian mengatur arus lalu lintas," kata dia. 

Baca juga: Gara-gara Listrik Padam, Driver Online di Bandung Merugi

Untuk menanggulangi kemacetan akibat matinya lampu lalu lintas ini, sebanyak 240 personel Satlantas Polrestabes Bandung ditambah personel unit lantas Polsekta diterjunkan untuk membantu mengatur lalu lintas.

"Sebanyak 240 personel Satlantas Polrestabes Bandung diturunkan," ucap dia. 

Disinggung apakah dengan pemadaman listrik ini mengganggu pelayanan SIM, Bayu menyebut bahwa saat pemadaman terjadi tidak menggangu pelayanan.

Sebab, Mapolrestabes Bandung memiliki genset. "Kami menggunakan genset, bisa dikendalikan oleh genset," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com