Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat US Navy dan TNI AL Kerja Sama Bangun SD Negeri di Gresik...

Kompas.com - 05/08/2019, 17:50 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat, serta kerja sama yang terjalin di antara dua angkatan laut kedua negara, personel Angkatan Laut Amerika membangun gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Duduksampean, di Kecamatan Duduksampean, Gresik, Jawa Timur. 

Setelah pengerjaan dimulai pada akhir Juni 2019 lalu, bangunan gedung tersebut akhirnya diresmikan pada Senin (5/8/2019), dengan dihadiri oleh beberapa perwakilan.

Mulai dari konsulat jenderal Amerika Serikat di Surabaya Mark McGovern, perwakilan dari Komando Armada Timur Kolonel Laut Eka Prabawa, hingga Kepala Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Gresik, Darman, yang mewakili Bupati Gresik.

Baca juga: Buntut Pilkades, Anak Anggota DPRD Gresik Dilaporkan ke Polisi

"Kerja sama ini memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika, dan 25 tahun kerja sama Angkatan Laut Indonesia dan Amerika," ujar McGovern, Senin (5/8/2019).

Ia pun berharap, jalinan kerja sama yang sudah terjalin dengan apik hingga saat ini dapat terus dilanjutkan. SDN Duduksampean diharapkan menjadi simbol pengingat.

"Kami berharap, pembangunan gedung ini menjadi sejarah bagi hubungan kedua negara. US Navy dan TNI AL bisa terus terhubung dengan sekolah ini," ucap dia.

Tidak sekedar memberikan bantuan dalam bentuk materi, namun ada sebanyak 12 anggota US Navy yang turut terlibat dalam pengerjaan gedung SDN Duduksampean bersama dengan 45 personel dari TNI selama 52 hari.

Sementara, material yang masih tersisa usai pembangunan gedung, diharapkan oleh McGovern dapat dimanfaatkan guna membangun fasilitas lain yang masih belum tersedia di SDN Duduksampean, seperti halnya lapangan basket.

"Kami berharap, bantuan pembangunan gedung ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kemaslahatan, terutama bagi murid SDN Duduksampean. Semoga bantuan ini dapat meningkatkan kualitas belajar-mengajar di sekolah ini," kata Darman.

Adapun Kepala Dinas Pendidikan Gresik, Mahin mengatakan, ada dua gedung yang dibangun dalam agenda kali ini.

Baca juga: Terjerat Kasus Suap, Kepala Kantor Kemenag Gresik Merasa Karir dan Relasi Sosialnya Hancur

 

Satu gedung dipergunakan untuk ruang belajar komputer, dan satu lagi diperuntukkan bagi ruang guru.

"Selain itu, beberapa renovasi juga dilakukan, seperti pemasangan lantai keramik di semua ruangan kelas, serta pengurukan halaman untuk lapangan olahraga. SDN Duduksampean sekarang sudah menjadi sekolah yang sangat bagus," tutur Mahin.

Dalam beberapa hari terakhir, US Navy memang menggelar latihan bersama dengan TNI di Laut Jawa, dengan beberapa di antaranya juga sempat berada di Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com