Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Korban KM Pieces Bertahan Hidup, Berhari-hari Minum Air Seni hingga Makan Ikan Mentah

Kompas.com - 05/08/2019, 12:08 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Endro (40), korban selamat dari KM Pieches yang tenggelam di Kalimantan Selatan mengatakan, terpaksa meminum air seninya untuk menahan haus setelah mengapung di lautan selama delapan hari.

Endro mengatakan, selain minum air seni, di juga makan ikan mentah yang ada di laut.

"Saya hidup ngapung di air ngumpul sama teman-teman empat hari.  Buat nahan rasa haus memang saya minum air kencing saya sendiri. Kalau ada ikan loncat saya makan," ujar Endro dalam sebuah video yang dilansir dari Antaranews, Senin (5/8/2019).

Baca juga: Konsumsi Air Seni, Cara Korban KM Pieces 5 Hari Bertahan Hidup di Laut

Endro mengatakan, saat mengapung di laut, Endro sempat bersama para penumpang kapal. Namun, dia kemudian terpisah.

"Waktu saya tinggal banyak yang hidup rombongan kapten. Tapi kelanjutannya saya kurang tahu, saya putuskan untuk berpencar. Sampai tiga hari kok enggak ada bantuan sama sekali," ujar Endro.

Seperti diberitakan, KM Pieces yang bertolak dari Pekalongan menuju Selat Makassar untuk mencari ikan, tenggelam di Perairan Tanjung Selatan Kalsel.

Kapal Kapal baru diketahui tenggelam tiga hari kemudian karena alat pemancar sinyal bahaya yang berada di dalam kapal diduga rusak.

Kejadian terbakar dan tenggelamnya KM Pisces baru diterima pada tanggal 31 Juli 2019 lalu, sehingga diperkirakan kapal tenggelam sudah lebih dari tiga hari.

KM Pisces pertama kali diketahui tenggelam oleh KM Bintang Delima Mas yang kebetulan melintas di lokasi tenggelamnya KM Pisces. KM Bintang Delima Mas inilah yang selanjutnya memberikan informasi kepada Basarnas terdekat.

"Penyebab tenggelamnya KM Pisces karena terbakar, keterangan ini kami terima dari kru KM Bintang Mas Delima yang kebetulan melintas dan menemukan korban," ujar Pelaksana harian Basarnas Banjarmasin, Endrow.

Hingga saat ini pencarian terhadap korban masih terus dilakukan tim SAR Gabungan. Masih ada 30 korban yang dinyatakan hilang.

Baca juga: Basarnas Rilis Nama Korban Tenggelamnya KM Pieces, Keluarga Diminta Bersabar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com